Menteri Azwar Anas Harapkan MPP Jombang Berfungsi Maksimal, Lakukan Jemput Bola!

,  – (MPP) Jombang telah diresmikan oleh Abdullah Azwar Anas bersamaan daerah lain pada (24/6/2024) lalu di Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Anas mendorong MPP Jombang melakukan upaya jemput bola.

“Mal Publik di Jombang ini saya berharap fungsinya dapat maksimal. Kalau perlu ada upaya jemput bola, ada pengantaran layanannya. Dan yang terpenting, perlu ada kotak saran sebagai feedback. Orang kalau masuk ke dalam ini berapa lama,” kata saat berkunjung ke MPP Jombang.

Sehingga mereka bisa memberikan saran atau masukan antara jawaban puas atau tidak puas. Sehingga selalu ada feedback.

Ia menegaskan, prinsipnya Mal adalah mengintegrasikan layanan. Masyarakat tidak harus mengurus satu-satu. Cukup datang disatu tempat, seluruh proses perizinan yang dibutuhkan selesai.

Ia menjelaskan, pemerintah juga sedang mendorong Pelayanan Publik dalam bentuk Digital. Namanya Mal Pelayanan Publik Digital terintegrasi. Mereka tidak harus datang ke MPP tapi beberapa urusan pelayanan bisa diselesaikan secara digital.

“Yang paling penting sekarang Pemerintah melarang pembentukan -aplikasi baru. Inovasi tidak harus satu inovasi satu aplikasi,” katanya.

Sebab banyaknya aplikasi bukannya memudahkan rakyat tapi menyulitkan rakyat. Saat ini yang terbaik adalah menuju satu aplikasi yang terintegrasi.

“Artinya, bagaimana dari ratusan aplikasi menjadi satu aplikasi,” kata Mantan Bupati Banyuwangi ini.

Sehingga targetnya rakyat mudah mendapat layanan tidak berbelit belit dan menyulitkan. Dan Mal Pelayanan Publik ini menjadi bagian pendorong supaya mengintegrasikan seluruh layanan.

Sugiat mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menpan-RB dan telah memberikan perhatian, penilaian dan arahan guna optimalisasi MPP  Jombang.

Ia menegaskan secara bertahap Pemerintah Kabupaten Jombang akan terus berupaya untuk mewujudkan MPP yang representatif sesuai harapan masyarakat.

“Tidak harus memiliki yang besar, yang penting fungsinya dan pelayanannya terintegrasi. Bahkan saat ini Kantor Imigrasi juga akan masuk di MPP Jombang, dan akan segera kita siapkan,” kata Sugiat, Sabtu (29/6/2024).

Ia menambahkan diresmikannya MPP oleh Menpan RB dan dikunjungi langsung merupakan bukti nyata Kabupaten Jombang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kita akan terus sosialisasikan ke masyarakat agar dapat memanfaatkan MPP juga MPP Digital,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com