Launching Coklit Serentak, KPU Jombang Ajak Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2024

, Jurnal Jatim – Komisi (KPU) Jombang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah () tahun ini.

Itu disampaikan Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Maskur saat nonton bareng atau launching pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak sejuta , Senin (24/6/2024) malam.

Nobar digelar di ruang Husni Kamil Manik kantor KPU Jombang. Hadir para komisioner KPU dan ketua David Budianto. Terlihat pula sejumlah wartawan dari berbagai media.

Launching Coklit ini adalah tahapan pertama dimulainya penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan wakil wali kota.

Launching Coklit serentak sejuta pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) juga mendapat penganugerahan MURI.

“Kami berharap partisipasi masyarakat termasuk teman-teman media terus mengawal penyelenggaraan pilkada 2024 agar pemilihan dapat dihadirkan secara berkualitas,” kata Udi sapaan akrabnya.

Pada peluncuran Coklit serentak tersebut, KPU Jombang sengaja menggandeng media yang merupakan bagian pilar demokrasi.

“Kami menyadari, bahwa rekan-rekan media adalah salah satu dari pilar demokrasi, sehingga kami berharap partisi dari rekan-rekan untuk terus mengawal Pemilihan 2024, agar berjalan dengan adil dan demokratis,” katanya.

Mantan ketua Bawaslu Jombang tersebut menjelaskan proses Coklit untuk pemilihan kepala daerah 2024 tersebut, menggunakan Daftar Pemilih terakhir saat 2024 lalu.

“Data pemilih tersebut, kemudian dicocokkan oleh Pantarlih dengan mendatangi langsung ke rumah masing-masing pemilih. Kemudian kita sesuaikan, apakah pemilih tersebut masuk yang memenuhi syarat (MS) atau yang tidak memenuhi syarat (TMS),” katanya.

Jadi, menurut Udi, Coklit merupakan salah satu tahapan yang sangat penting, karena proses ini menentukan hak pilih semua Indonesia yang memenuhi syarat. “Bisa dipastikan masuk dan mempunyai hak pilih,” ucapnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com