Karya Kreatif Mataraman 2024 Akan Digelar di Kota Kediri, Simak Agenda dan Tujuannya

Kediri, Jurnal Jatim – Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 akan digelar di 28 sampai 30 Juni 2024 di Balai Kota Kediri dan Kediri Town Square.

yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Kediri bersinergi dengan pemerintah kota setempat tersebut melibatkan pemerintah daerah 13 Kota dan Kabupaten.

KKM 2024 dengan tema inovasi dan untuk masa depan berkelanjutan menjadi bagian rangkaian event nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta memperingati Hari Jadi Kota Kediri ke-1145.

Kepala , Moch. Choirur Rofiq mengatakan tujuan diselenggarakannya Karya Kreatif Mataraman 2024 adalah sebagai upaya pengembangan produk unggulan wilayah eks-Keresidenan Kediri Madiun (wilayah Mataraman).

“Serta akselerasi digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” katanya, Rabu (26/6/2024).

Ia menjelaskan dalam event itu terdapat berbagai pameran produk unggulan yang diikuti 88 UMKM, meliputi wastra unggulan, beragam produk industri kreatif dan produk potensi , kuliner tradisional serta berbagai hiburan menarik lainnya.

“KKM 2024 juga menampilkan Djagabhumi Fashion Show yang melibatkan 24 designer lokal unggulan di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri,” jelasnya.

Choirur Rofiq juga mengatakan, Djagabumi Fashion Show akan mengusung konsep sustainable fashion. Tujuannya memperkenalkan wastra mataraman yang menggunakan pewarna alam dan diaplikasikan menjadi busana ready to wear dengan sentuhan modern.

“Di sisi akselerasi digitalisasi, KKM 2024 juga menghadirkan berbagai Talkshow digitalisasi di Kediri Town Square dengan berbagai tema diantara perkembangan sistem pembayaran dan kreatif berinvestasi,” ujarnya.

Selain itu, terdapat wahana edukasi dan lomba yang akan ditampilkan di Atrium Kediri Town Square dan Balai Kota Kediri yang berkolaborasi dengan instansi seperti Pendidikan Kota Kediri, Kementerian Agama maupun komunitas-komunitas seperti Indonesia Kota Kediri, Komunitas Kopi, Komunitas Stand up Indonesia Kediri, dan Forum Kampung Bahasa-Kampung Inggris.

“Dalam upaya akselerasi pengendalian inflasi, KKM 2024 juga bersinergi dengan dan Bulog Divre Kediri untuk menyelenggarakan Operasi Pasar Murah di titik nol pada tanggal 29-30 Juni pukul 14:00-16:00 WIB,” imbuhnya.

Event Karya Kreatif Mataraman ini, juga terdapat Cooking Class bahan pangan olahan bersama Chef Ragil sebagai edukasi kepada masyarakat, untuk dapat melakukan diversifikasi pangan dan peningkatan pemanfaatan bahan pangan olahan.

“Kegiatan menarik lainnya di antaranya Digifun Run, Special Performance Standup Comedy dari komika Wawan Saktiawan dan Yoyon, dan hiburan band,” katanya.

Kantor Perwakilan BI Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk hadir meramaikan KKM 2024 dan harapannya dapat memberikan manfaat kepada perekonomian khususnya pengembangan UMKM unggulan serta akselerasi digitalisasi di wilayah mataraman.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com