Selama Lebaran 2024 Banyak Pemudik di Jombang Menginap di Hotel

Jombang, Jurnal Jatim – Para di Jombang pada 2024 banyak menginap di sejumlah hotel di kota santri ini. Salah satunya di Green Red Hotel Syariah.

Public relations Green Red Hotel Syariah Jombang, Eka Wing mengungkapkan kamar-kamar di hotel itu hampir setiap hari penuh selama lebaran tahun ini.

Menurut dia, keterisian kamar mulai hingga lebaran. 35 kamar yang disediakan, hampir semuanya laku. Terutama pada momen lebaran, tak ada kamar yang kosong.

“Tamu hotel mulai H-10 sampai H+10 pasca hari raya idulfitri. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur pada momen lebaran tahun ini,” ucap Eka Wing ditemui di hotel tersebut, Jumat (19/4/2024).

Eka menyebut, libur lebaran tahun ini sangat luar biasa. Pemesan kamar hotel tidak hanya tamu wisatawan, tetapi pemudik pulang kampung ke Kota Santri ini. Mereka menginap bersama keluarga, anak dan istrinya maupun kerabatnya.

“Berdasarkan data di kami, tamu yang menginap di sini rata-rata mereka adalah pemudik dari luar kota,” kata dia.

Mereka ada yang dari Bojonegoro, Lamongan, , Surabaya, Malang, Madiun dan daerah lainnya. “Kebanyakan order (pesan) kamar melalui online,” kata perempuan lulusan ilmu komunikasi ini.

Pemudik yang menginap di hotel itu adalah mereka yang bekerja di luar daerah dan pulang, tetapi tidak menginap di sanak saudara. Selama boking hotel, tamu-tamu hanya beristirahat pada malam hari.

“Pagi sampai sore mereka keluar hotel, ya mungkin berkumpul bersama sanak saudaranya atau ,” katanya.

Diakuinya, cuti bersama dan libur ini berdampak pada peningkatan okupansi hotel hingga 80 persen lebih. Hal itu berbeda dengan hari-hari biasa yang tingkat keterisian kamar hotel hanya sekitar 50 persen.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang telah menginap di sini,” ujar perempuan asal Jombang ini.

Sementara itu, general manager Green Red Hotel Syariah Jombang, Riyadi Saputra menilai okupansi hotel yang saat ini dinilai baik, dibandingkan tahun sebelumnya, terutama pada masa pandemi .

Saat itu, hampir semua hotel maupun termasuk hotel yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, , Jombang ini terseok karena sepi tamu. “Alhamdulillah pada momen lebaran tahun ini pengunjung hotel ramai,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .