Pengguna Kereta Commuter Wilayah Surabaya Diprediksi 930.853 Orang Pada Lebaran 2024

, Jurnal Jatim – Diprediksi selama 2024, volume pengguna kereta Commuter Line di wilayah 8 Surabaya sebanyak 930.853 orang.

Jumlah tersebut lebih besar 13 persen dari total volume pengguna yang tercatat pada masa Angkutan tahun 2023 yaitu sebanyak 827.345 orang.

Commuter memprediksi puncak volume pengguna Commuter Line di wilayah 8 Surabaya diperkirakan pada Minggu, 14 April 2024 atau H +3 Lebaran mencapai 45.087 orang,” kata Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (3/4/2024).

Ia mengatakan seperti yang disampaikan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub terkait hasil survei terkait Pergerakan Pemudik pada , bahwa merupakan salah satu provinsi tujuan dengan prediksi sebanyak 37,6 juta pengguna atau sebesar 19,4 persen dari total pemudik.

Dikatakan Anne Purba, untuk dan keamanan selama masa Angkutan Lebaran tahun ini, KAI Commuter juga menyiagakan 204 petugas Pengamanan stasiun dan 93 petugas pengamanan di dalam perjalanan Commuter Line.

“Layanan pemesanan atau pembelian , KAI Commuter menyiapkan 85 petugas,” ujarnya.

KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan kebijakan pelayanan yaitu kursi prioritas 4 tempat duduk per keretanya yang disediakan di ujung-ujung kereta atau dekat boardes.

Tempat duduk prioritas tersebut dikususkan kepada pengguna Prioritas seperti disabilitas, , dan pengguna yang membawa balita selama perjalanan Commuter Line.

Selain itu, KAI Commuter wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan okupansi pengguna maksimal pada setiap perjalanan Commuter Line.

Menurut Anne, jika jarak tempuh Commuter Line kurang dari 100 Km, diberlakukan okupansi sebanyak 150 persen, atau 159 pengguna tiap keretanya.

Sedangkan jika jarak tempuh Commuter Line lebih dari 100 Km dibelakukan okupansi sebesar 120 persen dari total tempat kapasitas tempat duduk atau sebanyak 128 orang tiap keretanya.

KAI Commuter mengimbau bagi yang akan melakukan perjalanannya menggunakan Commuter Line di wilayah Surabaya dan sekitarnya agar rencana akan perjalanan sejak awal dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI.

“Pemesanan lewat aplikasi tersebut sudah bisa dilakukan mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan,” katanya.

Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan, siapkan kartu identitasnya untuk mempercepat proses boarding.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com