Kesabaran 2.365 Calon Jemaah Haji 2024 Asal Sidoarjo Menunggu Sejak 2012

Sidoarjo, Jurnal Jatim – Penantian untuk menunaikan rukun islam kelima sejak 2012 segera terwujud bagi 2.365 calon asal Sidoarjo tahun ini.

Untuk mematangkan kesiapannya menjalani di suci, ribuan calon jemaah haji reguler asal Sidoarjo itu telah mengikuti manasik haji yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) setempat pada 16–19 April 2024.

Manasik Haji Massal dilaksanakan di Ballroom salah satu di Sidoarjo, dihadiri jajaran kemenag Sidoarjo, para TPHI, TPIHI, dan TKHI.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan (PHU) Kemenag Sidoarjo Khoidar mengatakan bahwa, manasik bagian dari pelaksanaan amanat UU Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Dalam UU tersebut jema'ah haji wajib mendapatkan pelayanan, bimbingan, dan perlindungan mulai dari berangkat hingga kembali ke tanah ,” kata Khoidar dalam keterangannya, Minggu (21/4/2024).

Kepala Kantor kemenag Sidoarjo, Moh. Arwani, mengungkapkan jemaah yang tergabung dalam manasik itu telah menunjukkan kesabaran yang luar biasa.

“Waktu pendaftaran jemaah ini telah dimulai sejak tahun 2011 hingga 17 Januari 2012,” kata Arwani.

Para calon jemaah haji itu diharapkan dapat memanfaatkan manasik haji massal dengan baik serta mengikuti dengan seksama materi yang disampaikan.

“Semoga segala persiapan ini dapat membantu mereka melaksanakan ibadah haji dengan baik, kembali dengan , dan mendapat predikat hajiyang mabrur,” ujarnya.

Diketahui, tahun ini, Indonesia mendapat 221 ribu kuota haji. Selain itu, Indonesia juga mendapat tambahan sebanyak 20 ribu kuota. Sehingga, total kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 241 ribu orang.

Pada 3 Januari 2024, Kemenag menerbitkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1445 Hijriah. Jemaah Indonesia diberangkatkan dalam dua gelombang.

Jemaah haji pada gelombang pertama diberangkatkan dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Abdul Aziz (AMAA) di Madinah mulai 12-23 Mei 2024.

Sedangkan, gelombang kedua akan diberangkatkan dari Tanah Air menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) di Jeddah mulai 21 Mei-1 Juni 2024.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .