Disdikbud Jombang Bagi-bagi APBD Fisik Rp2,2 Miliar untuk 19 Sekolah

, Jurnal Jatim – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) fisik tahun 2024 sebesar Rp2,2 miliar atau Rp2.237.710.000 untuk 19 yang tersebar di wilayah setempat.

Menurut Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Jombang, Senen, penggunaan APBD fisik merupakan usulan Disdikbud untuk memastikan ketuntasan sarana prasarana pendidikan, pelaksanaan pembangunan dan .

“Metode pengadaan penunjukan langsung, sebab, nilai bantuan rehab fisik di bawah angka Rp200 juta per masing-masing sekolah,” katanya, Rabu (24/4/2024)..

Ia menyebut, selain merupakan usulan dari Disdikbud, dari belasan satuan pendidikan penerima ada pula yang berasal dari pokok-pokok pikiran (Pokir) wakil rakyat.

“Seharusnya jumlah totalnya sebanyak 22 sekolah, namun 3 di antaranya terkendala belum adanya sertifikat,” ujarnya.

Tiga sekolah yang belum memiliki itu di antaranya SDN Banjardowo 2, SDN Sambong dukuh 1, serta SDN Bareng 4.

“Khusus SDN Bareng 4, pada P-APBD 2023 sudah mendapatkan bantuan rehab fisik,” kata mantan Kepala BKD PP Jombang itu.

Adanya kendala tersebut, secara otomatis rencana bantuan bakal dialihkan kepada satuan pendidikan lain yang membutuhkan. Realisasinya, saat P-APBD 2024 mendatang.

“Karena ada kendala tadi, secara otomatis bantuan rehab fisik bakal kami alihkan ke sekolah lain. Untuk realisasinya, saat anggaran perubahan atau PAK mendatang,” kata Senen.

Ia menjelaskan, adapun belasan sekolah penerima rehab fisik masing-masing yakni SDN Tugusumberjo Kecamatan Peterongan. Lalu SDN Karangan 1 di Kecamatan Bareng, kemudian SDN Gudo di Kecamatan Gudo.

“Ada SDN Gondangmanis di Kecamatan . Lalu SDN Wonosalam 2 yang berada di Kecamatan Wonosalam, termasuk juga penerima bantuan rehab fisik,” jelasnya.

Kemudian SDN Mancar 3 di Kecamatan Peterongan, SDN Pojokkulon Kecamatan Kesamben, serta SDN Balonggemek 2 Kecamatan .

SDN Tanjunggunung 1 di Kecamatan Peterongan, SDN Jogoroto Kecamatan Jogoroto, dan SDN Mancar 3 Kecamatan Peterongan. SDN Rejosopinggir dan SDN Kedunglosari 1 di Kecamatan Tembelang.

SDN Gedangan 1 serta SDN Nglele yang sama-sama berada di . Kemudian SDN Kebondalem di Kecamatan Bareng, serta SDN di Kecamatan .

“Termasuk yang turut menerima bantuan rehab fisik tahun ini SDN Sumberjo Kecamatan Jombang. Serta SDN Sukoiber 2 di Kecamatan Gudo,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .