Citilink Indonesia jadi Maskapai Pertama Rute Jakarta dari Bandara Dhoho Kediri

Kediri, Jurnal –  Citilink menjadi maskapai pertama penerbangan rute Jakarta dari Bandara Dhoho Kediri maupun sebaliknya, pada hari ini, Jumat (5/4/2024).

Dalam oleh maskapai Citilink Indonesia itu menggunakan Pesawat Tipe airbus nomor A320 Ceo berkapasitas 180 .

Kedatangan di Landasan udara dilakukan prosesi penyambutan dengan Water Salute yakni penyemprotan .

Diketahui, Bandara Dhoho Kediri dibangun dengan standar internasional, mempunyai landasan pacu dengan panjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, mampu menampung pendaratan pesawat berbadan lebar.

Dalam sambutanya, Direktur utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan, penerbangan tersebut momen yang tepat, karena bagian dari pemulihan pascapandemi COVID-19.

“Kami memprediksikan sepenuhnya recovery traffic transportasi udara itu akan terjadi sepenuhnya di tahun 2024,” kata Faik, dalam sambutannya acara ceremony penerbangan komersil perdana bandara Dhoho Kediri, Jumat (5/4/2024).

Salah satu penumpang pesawat citylink, Nara, yang melakukan penerbangan dari Jakarta ke Kediri merasa bangga dan takjub dengan Bandara Dhoho Kediri. Ia mengaku senang beroperasinya Bandara Dhoho, yang biasanya tidak naik pesawat.

Dikatakan Nara adanya bandara Dhoho menjadi lebih dekat saat dan juga menghemat waktu dibanding harus lewat .

“Cepat sih, kerena biasanya saya kalau ke Kediri tidak naik pesawat. Dan dengan adanya Bandara Dhoho Kediri sendiri lebih dekat saya kalau mudik,” kata warga Tulungagung ini.

Sementara itu , Hanindito Himawan Pramana berharap beroperasinya Bandara Dhoho mampu berkontribusi pada perkembangan ekonomi, wisata dan industri di daerah setempat.

Pada tahap awal terminal penumpang yang dirancang bisa menampung hingga satu koma lima juta penumpang setiap tahunnya, dan akan mampu menampung hingga 10 juta penumpang per tahunnya pada tahap ultimatenya.

Bandar Dhoho dikelola oleh PT Surya Dhoho Investama yang membuka penerbangan 2 kali dalam seminggu, yakni selasa dan sabtu.

“Berharap penerbangan bisa dilakukan reguler setiap hari nantinya. Selain itu, juga maskapai lain ikut meramaikan transportasi Udara di Kediri,” kata Hanindito.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com