Dinas PUPR Jombang Lakukan Perbaikan 17 Ruas Jalan Usulan Kecamatan

Jombang, Kepala Dinas Bayu Pancoroadi menyampaikan pihaknya melakukan perbaikan 17 ruas jalan usulan Kecamatan saat (Musrenbang) tingkat kabupaten.

Ia menjelaskan dari 44 paket proyek perbaikan jalan milik Dinas Jombang tahun ini, 17 di antaranya masuk program pagu indikatif kecamatan (PIK) yang menyebar hampir seluruh kecamatan.

''PIK ini setiap tahun ada. Hasil Musrenbang teman-teman di kecamatan yang jadi prioritas dan diajukan ke kabupaten agar program ini didanai APBD,'' kata Bayu,  Rabu (28/2/2024).

Salah satunya, perbaikan jalan. Dinas PUPR tahun ini memiliki 17 paket dari program itu. Rinciannya, delapan paket merupakan pekerjaan rekonstruksi jalan dengan pagu anggaran Rp5 miliar.

Meliputi ruas -Sendangrejo, Jalak-Sumberingin, Kateman-Cupak, Ngusikan-Batas Kabupaten Mojokerto, dan Balongsari-Turipinggir Kecamatan . Serta ruas Marmoyo Kabuh-Jipurapah Plandaan.

''Dua paket lainnya rehabilitasi jalan ruas Kalangsemanding- Kecamatan Perak dan Catakgayam-Rejoslamet Kecamatan Mojowarno,'' ujar Bayu.

Sedangkan tujuh paket program serupa merupakan dengan Pagu anggara Rp2,5 miliar.

Meliputi ruas Plandi-Mayangan 1, Plandi-Mayangan 2 Jogoroto, Karangdagangan Bandarkedungmulyo-Balongsari Megaluh, Tebel Bareng-Latsari Mojowarno, dan Peterongan-Kedungbetik Kesamben. Serta ruas Tejo Mlaras , Betek-Murukan Mojoagung.

''Setiap kecamatan sudah diploting untuk program PIK anggarannya. Tinggal mereka memilih mana yang menjadi prioritas atau target utama,'' katanya.

Bayu mengungkapkan, beberapa ruas lain juga menjadi prioritas. Di antara lanjutan peningkatan jalan Mojoagung-Mojoduwur Mojowarno, pagu anggarannya Rp4,9 miliar.

''Itu masuk program prioritas PD (perangkat daerah),'' ungkapnya.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan saat ini pihaknha tengah menuntaskan pengerukan lahan dijadikan di Desa Wringinpitu, Kecamatan Mojowarno.

“Sampai saat ini masih berjalan, cuma alat beratnya kita kurangi untuk penanganan bencana,'' katanya.

Dikatakan Bayu, dari semula tiga alat berat, dua di antaranya ditarik untuk penanganan jembatan ambles dan tanggul jebol di Saluran Primer Konto Surabaya di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro.

''Rencana difungsikan irigasi pertanian dan kolam retensi atau tampungan air. Ketika bisa dimanfaatkan,'' tandas Bayu.

Dapatkan update menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com