Pesan Khofifah saat Buka Porseni MA Tingkat Provinsi Jatim 2023 di Bojonegoro

Bojonegoro, Jurnal Jatim dan () Madrasah Aliyah (MA) Tingkat Provinsi Jawa Timur 2023 resmi dibuka Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Stadion Letjend H Soedirman Bojonegoro, Senin (20/11/2023) malam.

Dalam sambutannya, Khofifah meminta kepada seluruh atlet yang menggeluti cabang olahraga dan seni tidak hanya sukses dalam olahraganya, namun juga berhasil dalam sekolahnya, bahkan kelak bisa sukses profesinya.

Secara khusus, Khofifah juga berpesan kepada para harus memiliki cita-cita besar menjadi intelektual dunia. Menurutnya hal tersebut bukanlah mustahil, lantaran banyak ilmuan besar Islam yang berkontribusi pada kemajuan dan perkembangan ilmu di dunia.

Salah satu contoh di antaranya adalah Al-Khawarizmi seorang ahli Matematika, penemu angka 0 dan ahli astronomi, dan juga  sebagai penemu algoritma.

Di sisi lain, Khofifah mengingatkan para atlet madrasah bahwa mereka akan menjadi generasi emas untuk Indonesia Emas tahun 2045 dengan semangat keilmuan yang berbasis keagamaan yang sangat kuat. Oleh sebab itu ia mengajak agar para atlet terus mengembangkan kemampuannya dan memiliki cita-cita.

Ketika memiliki cita-cita menjadi apapun, kata Khofifah, maka yang ingin menjadi TNI tahun 2045 sudah menjadi kolonel, yang ingin menjadi Polri, tahun 2045 sudah menjadi Kombes.

“Bangun cita-cita mu setinggi langit. Kalau menurut  Sukarno, gantung cita-cita mu setinggi langit. Kalaupun jatuh, maka jatuhnya diantara bintang-bintang,” katanya.

Menjelang Pilpres 2024, Khofifah meminta siswa madrasah untuk membangun rasa persaudaraan, membangun persatuan, serta saling menghormati di antara perbedaan.

Lebih lanjut Khofifah berharap Porseni diberikan kemudahan dan kesuksesan, dapat menjalin persaudaraan antar daerah, serta menjunjung tinggi sportivitas.

Kepala Kemenag  Jatim Husnul Maram dalam laporannya menjelaskan tujuan Porseni untuk memberikan wadah bagi peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang seni dan olah raga untuk dapat mengikuti perlombaan atau pertandingan secara sportif.

“Sehingga mereka dapat menyalurkan minat dan bakatnya dengan harapan akan meraih prestasi yang optimal,” katanya.

Sedangkan secara khusus, Porseni MA yang mengambil tema Optimalisasi Potensi Olah Raga dan Seni Guna Meningkatkan Semangat Berkompetisi dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi itu bertujuan untuk menyediakan wadah pembinaan dan untuk prestasi, menumbuhkan spirit of achievement di kalangan peserta didik madrasah sehingga mampu mewujudkan madrasah yang Mandiri Berprestasi

“Porseni juga untuk mendapatkan bibit-bibit atlit seni dan olahraga potensial yang dapat dibanggakan oleh Kementerian Agama, serta menanamkan ukhuwah Islamiyah, solidaritas dan sportivitas antar keluarga besar MA di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Maram, panggilan akrabnya mengatakan bahwa Porseni yang dilaksanakan hingga Rabu (22/11/2023) diikuti 3258 peserta, terdiri dari 1406 atlet laki-laki, 988 atlet perempuan, 722 official, serta 142 panitia.

Adapun cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan terdiri dari 7 cabang olahraga dan 9 cabang seni. Di antara olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, pencak silat, , futsal

Cabang seni terdiri dari MTQ, fahmil qur’an, tahfid , kaligrafi, desain grafis, pidato bahasa Inggris pidato bahasa Arab, cipta baca puisi, dan singer. [Kemenag]

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com