Kafilah Jawa Timur Terbanyak Masuk Final di Ajang STQH Nasional 2023 di Jambi

Surabaya, Jurnal Jatim terbanyak masuk final di ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) 2023, yang diselenggarakan di Jambi.

Pada Minggu, 5 November 2023, mencatat keunggulan luar biasa dengan memasukkan sejumlah besar nomor cabang ke babak final, mengalahkan provinsi-provinsi pesaing.

STQH Nasional adalah kompetisi bergengsi yang menarik peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, yang bersaing dalam berbagai aspek tilawah Quran dan pemahaman hadits.

Kafilah Jawa Timur telah menunjukkan kualitas unggul dalam berbagai cabang kompetisi, mengesankan para juri dengan kualitas tilawah yang mendalam dan pemahaman hadits yang kuat.

Kafilah Jawa Timur berhasil menempatkan jumlah cabang terbanyak dalam final STQH Nasional, dibandingkan Kafilah dari provinsi lain.

Jawa Timur masuk 10 nomor golongan, DKI Jakarta 7 nomor golongan, Jawa Barat 6 nomor golongan, Sumatera Utara 5 nomor golongan.

Kemudian Kepulauan Riau 4 nomor golongan, Riau 4 nomor golongan, Jambi 3 nomor golongan, 3 nomor golongan, dan Aceh 3 nomor golongan.

Ketua Kafilah Jatim dan juga Ketua III Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Jawa Timur, KH. Abdul Hamid turut bangga atas keberhasilan itu.

Ia mengatakan, keberhasilan luar biasa ini tidak hanya menjadi sumber kebanggaan bagi Jawa Timur, tetapi juga mencerminkan upaya keras.

“Dan dedikasi peserta serta dalam meningkatkan kemampuan dalam ilmu agama,” kata Abdul Hamid ditemui di Rumah Kito, Kota Jambi,  dikutip dari laman resmi , Minggu (5/11/2023).

Kafilah Jawa Timur berharap dapat mempertahankan performa gemilang itu hingga babak final dan meraih juara umum , sementara juga menginspirasi sementara juga menginspirasi provinsi-provinsi lain untuk meningkatkan mutu pembinaan tilawah Quran dan pemahaman hadits.

Diketahui, STQH Nasional 2023 merupakan ajang kompetisi baca, hafal, dan tafsir Al-Qur’an dan Hadits antar provinsi se-Indonesia. Acara ini berlangsung selama sembilan hari, mulai dari 27 Oktober sampai 5 November 2023.

STQH Nasional 2023 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas generasi penghafal, pengamal, dan penyebar Al-Qur’an dan Hadits di Indonesia.

Ada lima kategori yang akan dipertandingkan. Yaitu Seni Baca Al-Qur’an; Tafsir Al-Qur’an; Hadits; Hafalan Al-Qur’an dan cadangan dengan beberapa cabang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .