Mensos Risma Kunjungi Anak Penderita Hernia Sejak Lahir di Jombang

, sosial () RI Tri Rismaharini memberikan perhatian kepada anak penderita hernia sejak lahir di Desa Tunggorono, Jombang, Jawa Timur, Minggu (29/10/2023) sore.

Penderita hernia itu bernama Zakaria Hanif Putra (8) anak dari keluarga kurang mampu, pasangan Winih Rahayu dan almarhum Tugas Harianto.

Mensos Risma datang didampingi anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati dan sejumlah pejabat serta Jombang.

Dari pantauan JurnalJatim.com, rombongan Mensos Risma tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Risma bersama Sadarestuwati menemui Zakaria ditemani ibunya di dalam rumah yang bangunannya tidak terlalu besar.

Sekitar 30 menit seusai menemui keluarga, Risma langsung memasuki mobil dan meninggalkan lokasi dan enggan memberikan komentar kepada wartawan yang berusaha mewawancarainya.

Di tempat yang sama, anggota DPR RI Sadarestuwati mengungkapkan kedatangan Mensos Risma untuk memberikan bantuan kepada anak yang sakit hernia.

“Kita berkunjung ke anak yang sakit itu yang kebetulan orang tuanya kurang beruntung, sehingga bu mensos memberikan bantuan pengobatan,” kata perempuan yang akrab disapa Mbak Estu ini.

Informasi dari perangkat desa Tunggorono, Zakaria menderitanya penyakit Hernia sejak lahir. Dia sudah menjalani operasi sebanyak dua kali.

Operasi pertama dilakukan di rumah sakit dokter Soetomo , namun tidak berhasil. Kemudian operasi kedua dilakukan di RSUD Jombang.

Lantaran kondisi ekonomi keluarga kurang mampu, semua layanan kesehatan bocah kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut ditanggung oleh pemerintah melalui kartu Indonesia sehat (KIS).

“Operasi juga sudah dari kemensos dan nanti akan dilakukan pengobatan sampai tuntas,” kata Estu menambahkan.

Anggota DPR RI dua periode itu mengatakan bahwa kondisi anak penderita hernia sejak lahir tersebut sudah mulai membaik pasca-operasi kedua.

“Kondisinya sudah membaik, sudah bisa duduk, kemarin anaknya tidur sebelum operasi, ini sudah membaik. Tetapi masih terus penyembuhan, kontrol dokter juga masih terus dan semuanya ditanggung oleh kemensos,” ucapnya.

Selain mencover pengobatan, disebut Mbak Estu, menteri Risma juga memberikan bantuan kepada keluarga. Bahkan disebut Estu, Mensos juga membantu membayar pinjaman orang tuanya.

“Pinjaman-pinjaman dari ibu itu juga sudah diselesaikan ibu Mensos dan tadi juga sudah diberikan modal untuk bisa dipakai biaya kehidupan sehari-hari. Jadi tadi dikasih modal bahan-bahan untuk buat paperback dan juga alat-alat sekolah, biaya pengobatan terus bantuan dari ibu menteri sendiri,” kata Estu.

Lebih lanjut Sadarestuwati mengemukakan, sebelumnya kunjungan mantan Wali di Kabupaten Jombang juga menjenguk keluarga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yakni ibunya lumpuh dan anaknya menderita ODGJ.

“Tadi di Pojok Klitih (Kecamatan Plandaan) dibangunkan sumur dalam untuk pemenuhan kebutuhan air bersih,” kata politisi ini memungkasi.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com