Kirab Budaya dan Tumpeng Raksasa di Jenar Nganjuk, Ini Tujuannya

Nganjuk, – Untuk kali pertama warga Dusun Jenar Ngepung Patianrowo Kabupaten Nganjuk menggelar Kirab Budaya pada Jumat pagi (1/9/2023) sebagai rangkaian .

Kirab dalam rangka bersih dusun yang diikuti seluruh warga tersebut merupakan sebagai bentuk syukur masyarakat atas hasil panen yang melimpah. Acara dilaksanakan setiap setahun sekali sesudah panen.

yang kita laksanakan kali ini adalah untuk yang pertama kali di laksanakan oleh warga masyarakat Dusun Jenar,” ungkap Kepala Dusun Jenar, Waras.

Diungkapkan juga, bersih Dusun itu juga mempunyai tujuan untuk melestarikan adat budaya jawa yang turun temurun sehingga masyarakat tidak akan melupakan atau meninggalkan kebiasaan yang menjadi leluhur.

“Ini sebagai bentuk dari kepedulian warga Dusun Jenar yang tetap melestarikan adat peninggalan orang tua terdahulu dan juga sebagai wujud syukur atas hasil panen,” ujar dia.

Seperti diketahui Kirab Budaya tersebut diikuti ratusan warga dengan mengarak tumpeng raksasa berisikan hasil bumi mulai start dari halaman rumah dengan rute melawati jalan Kampung menuju sebagai tempat prosesi nyadran atau bersih dusun.

Pada barisan terdepan peserta kirab yaitu Kepala Dusun Jenar disusul ketua RT dan RW yang diikuti tokoh masyarakat serta seluruh warga dan juga -anak.

Dan yang menarik di tengah-tengah barisan ada tumpang raksasa berisikan hasil bumi yang ikut di arak. Karena banyaknya hasil bumi yang ada ditumpeng raksasa hingga yang mengangkat sampai 8 orang.

Kemeriahan semakin menjadi saat ada di makam yaitu rebutan mengambil hasil bumi yang ada di tumpeng raksasa.

“Tidak dapat apa – apa mas waktu rebutan gunungan hasil bumi tadi saking banyaknya peserta kirab yang berebutan, ” Kata Winda salah satu peserta kirab.

Sementara itu kata Novi Santoso salah satu panitia merasa terharu melihat antusias masyarakat yang ikut kirab.

“Meskipun baru pertama kali tapi antusias sekali warga Dusun Jenar untuk meramaikan dan berpartisipasi dan saya sempat meneteskan air mata karena terharu,” ujar Novi.

Menurut Novi semua terkait biaya dan semua kebutuhan kirab berasal dari partisipasi warga dan dia juga mengucapkan terima kasih pada semua warga atas partisipasinya sehingga acara berjalan sukses.

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak termasuk dari pihak keamanan baik dari dan Koramil Patianrowo,” katanya.

Selain Kirab, rangkaian budaya dalam bersih Dusun tersebut juga ada Khataman Al Quran, Panjat Pinang, jalan sehat serta ditutup dengan pengajian umum yang dihadiri oleh KH. Nur Hadi dari Jombang.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.