IJTI Korda Kediri Galang Dukungan Aksi Nyata Jurnalisme Positif dan Kemerdekaan Pers

, Jurnal Jatim – Ketua Roma Duwi Juliandi mengungkapkan bahwa Focus Group Discusion (FGD) membahas Jurnalisme Positif dan digagas untuk yang Jurnalisme Positif ini meneruskan visi dari IJTI Pusat.

“Harapannya adalah media-media yang ada di suatu daerah tersebut memberikan space (ruang) untuk membuat program berita-berita yang positif,” kata Roma keterangan di Kediri, Jumat (1/9/2023).

FGD oleh Ikatan Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah (Korda) Kediri bertajuk Pentingnya Menumbuhkan Positif Jurnalisme dan Kemerdekaan Pers telah dilaksanakan di salah satu Hotel di Kota Kediri, Kamis (31/8/2023) siang.

FGD itu dalam rangkaian memperingati IJTI ke 25 sekaligus HUT Kemerdekaan RI ke 78. Diikuti oleh dan Polri, Perwakilan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Organisasi dan Perusahan Pers, jurnalis serta di Kediri.

“Catatannya adalah berita positif tentunya bukan hanya berita yang bagus saja tetapi ada nilai-nilai kritis kemudian ada nilai-nilai menggali ide hingga investigatif dalam proses produksi jurnalisme positif itu,” ujarnya.

Roma menjelaskan, kemerdekaan Pers dibahas dalam FGD itu di antaranya kejadian yang terakhir di .

“Intervensi-intervensi campur tangan daripada luar kepada media masih terus terjadi sehingga menyebabkan terhadap jurnalis itu,” tegasnya.

Roma menyebutkan harapannya semuanya juga ikut mendukung jurnalisme positif yaitu dengan memberikan waktu untuk konfirmasi terhadap media atau wartawan yang sedang melakukan peliputan.

“Artinya memberikan pers release saja itu tidak cukup, bisa dikatakan kurang untuk mendukung jurnalisme positif,” katanya.

Lebih lanjut Roma mengapresiasi berbagai pendapat serta masukan yang baik, kritis dari seluruh pihak yang disampaikan dalam FGD itu.

“Beberapa narasumber berharap acara seperti ini digelar setiap satu bulan sekali untuk menumbuhkan kualitas hubungan terhadap narasumber dengan jurnalis sehingga saling memahami dan mengetahui apa yang harus dilakukan supaya jurnalisme positif itu bisa terwujud,” imbuh Roma.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.