Bank Indonesia Kediri Luncurkan QRIS Tuntas, Bisa Transfer Dan Tarik Maupun Setor tunai

Kediri, (BI) Cabang Kediri meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS, untuk melakukan transaksi tarik tunai, transfer dan setor tunai. Fitur baru tersebut diberi nama QRIS Tuntas.

QRIS Tuntas bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) ini, sudah diluncurkan mulai September 2023 dan selambat-lambatnya November 2023.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia wilayah Kediri, Moch. Choirul Rofiq, saat gelar capacity building bersama media.

Dia mengatakan, Qris Tuntas merupakan bentuk kontribusi Bank Indonesia bagi negeri, sebagai wujud nyata komitmen Bank Indonesia dalam pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan.

Sebagai bagian dari implementasi blueprint sistem pembayaran (BSPI) 2025, untuk mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan , sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Hal yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya dengan fitur QRIS Tuntas, ialah pengguna dapat memindai QRIS dengan menggunakan pembayaran secara terinterkoneksi antar penyedia jasa pembayaran (PJP) bank dan lembaga selain bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun elektronik server-based, “ungkapnya.

Lebih lanjut, QRIS Tuntas ini bertujuan untuk mendorong inklusi, melalui perluasan akses kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat kecil dengan jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia.

Dari data yang dihimpun. QRIS Tuntas mulai uji coba interkoneksi pembayaran antara Negara, Indonesia dengan menggunakan QR Code yang merupakan tindak lanjut dari kerja sama pembayaran berbasis kode QR antarnegara antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun lalu.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com