UKW PWI Malang, Wartawan Jurnaljatim.com Bersama 32 Peserta Dinyatakan Kompeten

Malang, Jurnal Jatim – Wartawan .com yang ikuti (UKW) angkatan ke 51 di Malang dinyatakan kompeten oleh tim penguji dari (Jatim).

Satu wartawan dari yang mengikuti UKW yaitu Achmad Fredi Prasetyo Wibowo dari Jombang dinyatakan kompeten bersamaan dengan 32 wartawan dari media lainnya.

Total keseluruhan 33 wartawan dinyatakan kompeten setelah mengikuti UKW yang diselenggarakan mulai Jumat-Minggu (21-23/2023) di Kota Malang. Sementara 4 di antaranya, dinyatakan belum kompeten.

“Kami ucapkan selamat telah dinyatakan kompeten dalam UKW Angkatan ke 51 PWI Malang Raya,” kata corporate leader Jurnal Jatim, PT Lingkar Generasi Hijau, Abdul Rohman, Senin (24//2023).

Perwakilan tim penguji atau asesor dari PWI Jatim Eko Pamuji mengatakan dari semua peserta, di antaranya satu kelas UKW untuk tingkat utama, satu kelas untuk UKW Madya dan 4 Kelas untuk UKW Muda.

“Dengan total peserta 36 orang, dinyatakan kompeten 33 peserta,” kata Sekretaris PWI Jawa Timur itu saat membacakan hasil UKW, Minggu (23/7/2023).

Eko Pamuji menandaskan jika peserta belum kompeten bisa lebih banyak belajar dan dapat kembali mengikuti UKW berikutnya. Sementara yang dinyatakan kompeten agar tidak menjadikan cap kompetensi untuk bergaya.

“Makin besar tanggung jawab etika , secara perilaku praktik di lapangan harus ada perubahan,” tandas pria bergelar Doktor itu.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan pelaksanaan UKW dibagi 6 kelas untuk tiga jenjang. Terdiri dari jenjang muda empat kelas, madya satu kelas, dan jenjang utama satu kelas.

Uji kompetensi dilakukan untuk menjadikan wartawan yang profesional dan diharapkan melahirkan para pewarta yang kompeten dan profesional serta berkontribusi positif bagi profesi jurnalis.

“Dengan adanya sertifikasi dari PWI, diharapkan wartawan akan semakin diakui keahliannya,” terangnya.

Ia menambahkan UKW tersebut merupakan yang kesembilan kalinya. UKW angkatan 51 ini diikuti 35 wartawan dari dari 36 peserta yang mendaftar.

Sebanyak 35 wartawan yang mengikuti dari berbagai daerah, mulai Surabaya, Situbondo, Ponorogo, , Jombang, bahkan Jakarta serta luar pulau, seperti Makassar, Kendari, dan Bone.

“Insyaallah, Desember 2023 mendatang kami gelar lagi untuk menggenapi 10 angkatan,” kata Cahyono.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.