Semakin Mudah, Begini Cara Peroleh Panduan Manasik Haji dan Umroh Bagi Lansia

Bondowoso, Jurnal – Semakin mudah, begini cara peroleh dan umroh bagi yang dipermudah oleh ().

Kepala Kantor Kemenag Bondowoso Moh. Ali Masyhur menjelaskan bahwa kemudahan itu diberikan terkait materi tuntunan dan petunjuk dan Umroh.

“Kemudahan akses itu adalah diterbitkannya buku Manasik Haji dan Umroh bagi lansia.  Buku itu dapat diunduh di aplikasi PUSAKA Kemenag. Adapun untuk mengunduhnya di Playstore atau Appstore,” kata Ali Masyhur, Minggu (14/5/2023).

Ditambahkan mantan Kasi PD. Pontren ini, buku manasik haji yang ada berjumlah tiga paket yang telah diterbitkan. Buku panduan itu sengaja disiapkan untuk memberikan kemudahan bagi para lansia menunaikan ibadah haji.

“Buku pertama tentang Manasik Haji dan Umroh. Buku kedua tentang Tuntunan Manasik Haji dan Umroh. Sedangkan yang ketiga, Buku tentang dan Dzikir Manasik Haji dan Umroh,” ujar dia detail.

Diterbitkan buku bagi lansia itu sebagai penguatan matei yang sejalan dengan program Kemenag tentang Haji Ramah Lansia di tahun ini.

“Buku ini merupakan kepedulian dan penghormatan kepada jamaah haji Lansia,” ungkapnya.

Layanan akses buku Manasik Haji dan Umroh ini, lanjut Ali Masyhur, merupakan prioritas layanan karena di 2023 ini, jumlah jwmaah lansia lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti diketahui pada musim haji 1444 H/2023 H, diperkirakan ada sekitar 64 ribu jemaah lansia yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun islam kelima.

Jumlah itu cukup banyak setelah dua tahun (2020 dan 2021) tidak ada keberangkatan jemaah haji. Ditambah lagi pada 2022 ada pembatasan usia bagi jemaah yang diperkenankan menunaikan ibadah haji.

Pentingnya memasukkan materi manasik haji ramah lansia menyesuaikan dengan kebijakan haji tahun tahun 2023 ini sebagai Haji Ramah Lansia.

Adapun isi selengkapnya dari buku tuntunan manasik gaji dan umrah bagi Lansia adalah sebagai berikut:

1. Prinsip Kemudahan dan Keringanan Beribadah dalam Islam

2. Tata Cara Niat Ihram Haji dan Umrah

3. Tata Cara Wudhu, Tayamum, Shalat, dan Shalat

4. Shalat di Hotel Tanah Haram bagi Lansia

5. Shalat Arbain di Bagi Lansia

6. Tata Cara Wukuf

7. Melontar Jumrah bagi Lansia

8. Tata Cara Tawaf

9. Tata Cara Sa’i

10. Tahallul.

“Semoga Buku Manasik Haji dan Umroh ini bermanfaat bagi jamaah haji Lansia. Dan mereka yang berangkat menunaikan ibadah haji dan umroh di tahun ini memperoleh ridlo dari Allah dan menjadi haji mabrur,” katanya sembari mendoakan calon jemaah haji yang akan berangkat di tahun ini.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com