Mundur Sepekan, 1.092 Calon Haji Jombang Berangkat 20 Juni 2023

Jombang, Jurnal Jatim (Calhaj) Jombang Jawa Timur dijadwalkan berangkat pada 20 Juni 2023 setelah sempat mundur sepekan dari jadwal keberangkatan sebelumnya 13 Juni 2023.

Calon Haji Jombang tahun ini yang berangkat ke Mekkah berjumlah sebanyak 1.092 orang. Keberangkatan pada 20 Juni 2023 terbagi tiga kloter (kelompok terbang), yakni kloter 77, 78 dan 79.

Pada kloter 77 dengan 400 orang calon haji dijadwalkan masuk Sukolilo Surabaya Jatim pukul 16.00 WIB. Kloter 78 dengan 450 jemaah masuk pukul 17.00 WIB dan kloter 79 dengan 450 jemaah masuk pukul 19.00 WIB.

Masing-masing kloter tersebut dari  calon haji reguler dan petugas kloter yang terdiri dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) dan Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK).

Rincian keberangkatan calon haji Jombang 1444 H tersebut sebagaimana dalam surat edaran (SE) Kanwil kementerian agama Jawa Timur terkait revisi jadwal kloter Embarkasi Surabaya.

Kepala kantor Jawa Timur Muhajir, mengungkapkan pihaknya telah menerima SE terkait revisi perubahan jadwal keberangkatan jemaah calon haji Embarkasi Surabaya dari Kanwil Kemenag Jawa Timur.

“Untuk jadwal keberangkatan jemaah asal Jombang 20 Juni,” ungkap Muhajir kepada wartawan, Sabtu (27/5/2023).

Perubahan jadwal keberangkatan Calon Haji Jombang mundur satu Minggu sesuai Surat Edaran (SE) Kanwil terkait revisi jadwal kloter Embarkasi Surabaya.

Dalam SE itu terdapat tiga poin revisi jadwal keberangkatan kloter embarkasi Surabaya.

Pertama, yakni mempertimbangkan jumlah jemaah calon haji lunas tunda, urut porsi, lansia, TPHD, dan pembimbing KBIH yang melunasi per tanggal 19 Mei 2023.

Lalu memasukkan dan memperhitungkan jumlah calon haji cadangan lunas Provinsi Jawa Timur yang telah ditetapkan dalam surat Direktur Haji dalam Negeri tentang daftar jamaah haji cadangan pengisi alokasi kedua.

“Sehingga dijadwalkan ulang agar berangkat bersama sama jemaah haji porsi inti masing-masing kabupaten/kota,” kata mantan Kepala Kemenag Tulungagung Jawa Timur ini.

Pada saat bimbingan manasik haji di Alun-alun Jombang, pada Sabtu (26/5/2923) pagi, Muhajir menyampaikan jika kondisi cuaca di Mekkah cenderung panas.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan kepada seluruh calon haji (calhaj) Jombang bisa menyesuaikan diri atas kondisi iklim yang ada tanah suci.minera

“Perbanyak konsumsi vitamin dan mineral jadi kita tidak ingin nanti ada faktor dehidrasi,” ujar Muhajir.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter