Miris! Tuban Peringkat 10 Perkawinan Anak Terbanyak di Jawa Timur

Tuban, – Miris! Tuban peringkat 10 perkawinan terbanyak di . Pemerintah setempat tengah memberikan perhatian serius terhadap kasus dini yang mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama (PA) setempat.

Pengadilan Agama (PA) Tuban mencatat perkawinan anak di wilayah hukum setempat sangat tinggi. Bahkan menjadi urutan ke-10 di Jawa Timur sebagai kabupaten paling banyak terjadi pernikahan dini.

Hal tersebut terlihat dari data PA Tuban yang mencatat selama setahun untuk permohonan perwakilan anak tembus diangka 564 kasus di tahun 2021.

Angka tersebut menurun menjadi 516 kasus di tahun 2022 kemarin, namun masih menjadikan Tuban sebagai kabupaten yang terbilang tinggi dalam perkara pernikahan dini.

Untuk menekan itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban Ahmad Munir bersama pemerintah setempat telah meluncurkan program “Tuban Bangga”. Program itu dibuat karena melihat banyaknya angka perceraian, pernikahan dini, diluar nikah dan stunting yang ada di Kabupaten Tuban.

adalah miniatur negara. Jika keluarga baik, maka negara akan baik,” kata Ahmad Munir, Senin (29/5/2023).

Ia menjelaskan program “Tuban Bangga” bersifat berkelanjutan dan lintas sektoral. Sehingga tak hanya Kemenag dan Pemkab saja, namun seluruh elemen masyarakat harus ikut menyukseskan program ini.

“Diharapkan Tuban Bangga dapat menekan angka perceraian, pernikahan dini, hamil sebelum nikah, juga stunting di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Munir memiliki keyakinan program ini akan bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, baik dari , kesehatan, dan sosial yang berdampak pada masyarakat. Imbasnya, nantinya akan membentuk pondasi keluarga yang kuat di tengah-tengah masyarakat.

“Semua itu dimulai dari pembentukan pondasi keluarga yang kuat, sebab keluarga adalah miniatur negara, jika keluarganya baik maka negara akan baik,” ujarnya.

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengajak seluruh jajaran yang tergabung dalam program tersebut untuk bersungguh-sungguh menyukseskan program Tuban Bangga.

“Saya minta semuanya yang ada disini berjanji untuk mendukung dan mensukseskan program unggulan ini. Mari berkomitmen dan bertanggungjawab terhadap jabatan yang kita miliki, ” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com