Masih Tahap Ekskavasi, Situs Pandegong Jadi Jujukan Studi Siswa di Jombang

Jombang,  – Masih dalam tahap ekskavasi untuk kali kelima, jadi jujukan studi siswa di Jombang, Jawa Timur.

Pada Senin (29/5/2024), puluhan siswa melakukan kegiatan mengenai situs Pandegong berlokasi di Dusun Kwasen, Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jatim.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Jombang, Senen mengatakan kegiatan belajar lapangan siswa Sekolah Menengah Pertama () ini bagian dari kegiatan Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) mengajar.

“BPK mengajar karena Temanya juga masalah kebudayaan sehingga ini salah satu lokasi yang tepat bagi bisa langsung ke situs cagar budaya,” kata Senen kepada wartawan di lokasi ekskavasi.

Siswa dikenalkan dengan kegiatan eskavasi sejak dini. Dengan harapan menimbulkan rasa ingin melindungi dan melestarikan kebudayaan yang ada.

“Mengundang anak-anak sekolah langsung praktek di lapangan langsung diajari Gimana cara menggali Gimana cara menyusun artefak, apa aja yang ada di situ langsung dijelaskan,” terang Kepala BPK Wilayah XI Endah Budi Heryani.

Siswa diajak langsung mempraktikkan ekskavasi. Melakukan penggalian, merekonstruksi batu bata, mengenal hingga memberikan persandian pada hasil temuan.

“Mereka jadi ada rasa mencintai mengenal kemudian mencintai cagar budaya,” ungkap Endah.

Kegiatan siswa mengenal cagar budaya sudah dilakukan BPK di tiga tempat. Pertama di Kabupaten Blitar, dan ketiga di Jombang. Tenaga mengajar langsung dari tim cagar budaya.

“Teman-teman kami sendiri mengajar apa yang ada di sini, itu kan juga ilmu, karena semua orang adalah guru,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang tengah melakukan dengan menggandeng BPK Trowulan.

Ekskavasi tahap kelima yang dimulai Rabu (24/5/2023) itu berlangsung selama 10 hari dengan menargetkan data penunjang penetapan situs sebagai bagian dari Cagar Budaya.

Sekretaris Disdikbud Bambang Rudi mengatakan ekskavasi situs Pandegong dimulai  23 Mei sampai dengan selesai. “Lebih kurang sepuluh hari ke depan,” kata Bambang Rudy kepada wartawan, Rabu (24/5/2023).

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com