Ada Tambahan 236 Kuota Calon Haji Cadangan Jombang, Pelunasan Bipih Diperpanjang Lagi

Jombang, Jurnal Jatim – Jombang dapat tambahan 236 kuota calon haji cadangan, pelunasan Biaya Perjalanan () diperpanjang lagi hingga 19 Mei 2023.

Kementrian (Kemenag) Jombang memberikan perpanjangan pelunasan BPIH itu untuk kesempatan ketiga setelah melihat berbagai faktor kendala pelunasan.

“Perpanjangan pelunasan biaya haji yang ketiga. Diperpanjang sampai tanggal 19 Mei 2023 jam 3 sore,” ungkap Kepala Kantor Muhajir Senin (15/5/2023).

Sebelumnya, masa pelunasan 5 Mei 2023, lalu dilakukan perpanjangan kedua sampai 12 Mei, dan sekarang diperpanjang lagi sampai 19 Mei 2023. Perpanjangan itu setelah dapat tambahan kuota calon haji cadangan.

“Data cadangan untuk kabupaten Jombang sebanyak 236 orang,” kata Muhajir.

Dengan rincian, cadangan pertama sebanyak 95 orang jamaah Haji, kedua cadangan kita ada 41 orang jamaah haji, dan yang ketiga cadangan kita di angka 236 orang.

Mengenai faktor penyebab gagal melakukan pelunasan Bipih, Muhajir menerangkan jika terjadi karena banyak faktor.

Di antaranya, ada yang sudah tidak dilaporkan ke Kemenag, sehingga baru diketahui setelah pihak Kemenag datang ke Calon Haji tersebut.

Selain itu, ada juga permanen tidak bisa berangkat karena tidak bisa dipaksakan, kemudian ada pula yang karena melahirkan dan menyusui, sehingga ada pembatalan.

“Alasan karena finansial tidak banyak, yang banyak alasan menunggu mahrom itu, gabungan orang tua anak, gabungan suami istri,” bebernya.

Perpanjangan pelunasan Bipih ketiga ini,  Muhajir mengaku telah mengundang seluruh kepala se kabupaten Jombang untuk menyosialisasikannya.

“Kita kasih data nama calon haji di kecamatan masing – masing. Sudah disiapkan surat dari Kemenag untuk petugas segera berkunjung ke rumah calon haji. Memastikan untuk pelunasan pada perpanjangan ketiga,” ujarnya.

Langkah lainnya, Kemenag Jombang juga berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi. Hal itu dilakukan untuk menunjang kemudahan pelayanan pembuatan paspor bagi Calon Haji.

“Hal ini untuk mempermudah proses pelayanan pasporing dengan mengadakan pelayanan di Kantor Kemenag Jombang,” kata mantan kepala kantor Kemenag Tulungagung ini.

Dapatkan update menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.