Lantik JFT Perencana, Kepala Kanwil Kemenag Jatim Minta ASN Junjung 5 Nilai Budaya Kerja

Surabaya, Jurnal  – Kepala Kanwil Kemenag Husnul Maram melantik Minhatul Maula sebagai JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) Perencana pada Kankemenag dan berpesan setiap harus menjunjung tinggi, menerapkan lima nilai berAkhlak

Menurut Maram, lima nilai kerja harus dapat diinternalisasi pada diri setiap ASN. Diantara 5 nilai tersebut adalah integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

“Integritas ini merupakan  keselarasan antara hati, pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik dan benar,” ujar Maram usai melantik JFT Minhatul Maulana, di Aula Kantor Kemenag Jatim Jumat (17/2/2023).

Kemudian,  lebih lanjut Maram mengatakan, profesionalitas dengan bekerja secara disiplin, kompeten dan tepat waktu dengan hasil terbaik. Yang ketiga inovasi adalah menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasi hal baru yang lebih baik.

“Dilanjutkan tanggung jawab bekerja secara tuntas dan konsekuen, serta keteladanan, menjadi contoh yang baik bagi orang lain,” ujarnya.

Selain itu, ASN harus menjalankan core value ASN sebagai titik tonggak penguatan budaya kerja. Core value tersebut adalah Berakhlak, yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Seluruh ASN memiliki core value yang sama, yang berorientasi pelayanan, mampu memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, serta melakukan perbaikan tiada henti,” katanya.

Lanjut Kakanwil, ASN harus akuntabel dengan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.

“ASN juga harus kompeten dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Harmonis dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya serta membangun lingkungan kerja yang kondusif,” tambahnya.

Selain itu, core value ASN adalah loyal dengan memegang teguh ideologi dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, serta menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Dapatkan update menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow .com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.