Demi Herd Immunity, Polisi Ini Gendong Lansia Bojonegoro di Gerai Vaksinasi

Bojonegoro, Jurnal Jatim – Demi terwujud herd immunity atau kekebalan kelompok,  anggota kepolisian Bojonegoro, Jawa Timur menggendong perempuan seorang lansia untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Lansia tersebut digendong Bhabinkamtibmas Polsek Trucuk Polres Bojonegoro Aiptu Wakid Tajuddhin yang sedang memberikan pelayanan antar jemput lanjut usia menuju lokasi vaksin di balai desa setempat, Selasa (6/12/2022).

Menurut Aiptu Wakid Tajuddhin bahwa selain bertugas melaksanakan pengamanan di lokasi gerai vaksinasi, Bhabinkamtibmas juga memiliki tugas percepatan capaian vaksinasi di wilayahnya untuk membantu program pemerintah itu.

Pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis mulai satu, dua dan booster terutama bagi warga yang berusia usia atau lansia.

“Untuk warga yang lanjut usia, ya harus dirayu terlebih dahulu agar mau diajak vaksin, kalau tidak ada kendaraan ya saya jemput-antar kembali,” kata Aiptu Wakid.

Sementara dalam pelayanan itu, Wakid menyebut ada salah satu lansia yang sedang kesulitan berjalan sehingga harus digendong menuju ke tempat layanan vaksinasi. Setiba di lokasi, lansia itu langsung disuntik vaksin.

“Tadi ada yang namanya Mbah Dami susah berjalan, ya akhirnya saya gendong,” ujarnya menandaskan.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad menambahkan dalam gebyar vaksinasi itu, Polres Bojonegoro Polda Jatim bekerjasama dengan Dinkes dan instansi terkait menyediakan vaksin terutama bagi kalangan lansia.

Vaksin COVID-19 mulai dosis pertama, kedua, hingga booster tersebut digelontorkan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi warga yang beberapa di antaranya belum pernah melakukan vaksinasi.

“Dalam pelaksanaan Vaksinasi ini, kami juga bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk memfasilitasi pergerakan dari masyarakat,” ucap Muhammad.

Ia menambahkan, dalam gebyar vaksinasi ini Polres Bojonegoro menyediakan kurang lebih 6.000 dosis vaksin untuk masyarakat umum.

Banyaknya dosis itu, kepolisian berharap gebyar vaksinasi membuat masyarakat lebih peduli dengan kesehatannya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com