Ramcek Kendaraan Angkutan Wisata di Magetan Gencar Dilakukan Hingga Tahun Baru

Magetan, Jurnal Jatim – Pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat (ramcek) kendaraan angkutan wisata di Kabupaten Magetan akan gencar dilakukan oleh dinas perhubungan (Dishub) setempat.

Ramcek angkutan wisata mulai digencarkan petugas mulai 20 November 2022 hingga tahun baru 2023 nanti.

Sebagai langkah awal, Dishub melakukan pemeriksaan sejumlah kendaraan angkutan wisata telaga Sarangan, Kabupaten Magetan pada Minggu (20/11/2022) lalu.

Pemeriksaan kendaraan dilaksanakan di lapangan parkir wisata Sarangan, Magetan. Pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat-surat kendaraan itu demi keselamatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Kepala bidang (Kabid) pengembangan dan keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, Heri Endro Purnomo mengatakan, Ramcek untuk kendaraan angkutan wisata di Magetan rutin dilakukan hingga Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 nanti.

“Sesuai edaran Gubernur untuk persiapan Nataru, kita jajaran Dishub (Magetan) bekerjasama dengan Satlantas Polres Magetan untuk melakukan Ramp Chek,” kata Heri Endro Purnomo, Selasa (22/11/2022).

Heri menjelaskan, Ramcek dilakukan guna memastikan kondisi kendaraan seperti bus pariwisata sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Ketika diberlakukannya Ramcek, kendaraan angkutan wisata akan diperiksa satu persatu. Pemeriksaan mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi atau surat-surat kendaraan.

Adapun pengecekan dari unsur administrasi meliputi Kartu Uji, KP Reguler, KP Cadangan dan SIM (surat izin mengemudi) Pengemudi.

Kemudian pengecekan unsur teknis meliputi pengereman, penerangan, badan kendaraan, ban, perlengkapan kendaraan lainnya.

Berikutnya pengecekan unsur penunjang itu meliputi penerangan, bodi kendaraan, tempat duduk, perlengkapan keselamatan, tool tanggap darurat serta pemeriksaan kondisi fisik bagi pengemudi atau sopir.

“Artinya, kita lakukan pengecekan seluruh kendaraan tersebut,” katanya menjelaskan.

Setelah dilakukan pengecekan, kendaraan wisata yang dinyatakan lulus akan ditempel stiker, sedangkan untuk kendaraan yang tidak lulus akan diberi surat keterangan.

“Karena sifatnya kami memberikan imbauan humanis,” imbuh Heri.

Ia menambahkan pengecekan Ramp Check dilakukan secara rutin berkala. Selanjutnya, kata dia, akan dilaksanakan Minggu depan, serta pada Desember di Minggu pertama dan kedua jelang Nataru.

“Memang sengaja digelar pada hari Minggu, karena hari tersebut merupakan titik ramai atau paling maksimal,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com