oleh

Ribuan Bibit Pohon Mangrove dan Tukik Dilepas di Bibir Pantai Serang Blitar

Blitar, Jurnal Jatim Puluhan ribu bibit pohon mangrove dan ratusan ekor anak penyu atau biasa disebut Tukik dilepas oleh polisi di pesisir Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Penanam bibit mangrove sekaligus melepas tukik di bibir pantai serang sebagai bentuk kepedulian korps bhayangkara Polres Blitar terhadap lingkungan hidup.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kasatlantas AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan bahwa itu sebagai bentuk kepedulian Polri utamanya Polres Blitar terhadap lingkungan.

“Penanaman Mangrove ini untuk antisipasi terjadinya abrasi pantai, sedang Tukik kita lepaskan untuk melestarikan sumberdaya laut dan menjaga kelestarian ekosistem laut,” kata AKP Kadek Aditya, Minggu (18/9/2022).

Peduli lingkungan yang dilaksanakan Polres Blitar diwakili personel Satlantas itu juga bertepatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Satuan Lalulintas.

“Iya, kegiatan kali ini dilakukan oleh seluruh Anggota Satlantas Polres Blitar,bertepatan menyambut HUT ke-67 Satuan Lalulintas,“ katanya.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya personel Satlantas melaksanakan safety riding menuju ke Pantai Serang.

Kemudian setiba di lokasi, polisi melakukan penanaman sebanyak 10.250 bibit pohon mangrove di bibir pantai yang merupakan kawasan konservasi.

“Untuk Tukik yang dilepas sebanyak 500 ekor jenis lekang (Lepidochelys olivacea) yang bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Ia menjelaskan hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam tinggi.

Kadek Aditya juga menyebut bahwa hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, di antaranya mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai.

Selain itu juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir.

Di Kabupaten Blitar ada pantai yang menjadi jujugan wisata,salah satunya Pantai Serang.

“Maka dari itu sebagai bentuk atensi kami kepada pantai dan fauna, kami menggelar kegiatan positif ini. Demi anak cucu kelak kita juga,” pungkasnya. (Pra)

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com