oleh

Pamekasan Jadi Proyek Percontohan TBTQ Pusat Melalui Lomba MTQ

Pamekasan, Jurnal Jatim – Pamekasan, Jawa Timur menjadi proyek percontohan (pilot project) Tuntas Baca Tulis Al Quran (TBTQ) pusat melalui lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Untuk penyelenggaraan MTQ tingkat SMP se Kabupaten Pamekasan pada tahun 2022 telah dilaksanakan pada Rabu (14/9/2022) di Gedung Serbaguna, kabupaten setempat.

MTQ yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMP/SMP LB itu sebagai upaya mewujudkan generasi milenial berbasis Quran.

Ketua panitia lomba MTQ yang juga MGMP PAI SMP, Turmudi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya MTQ dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran PAI.

Turmudi menyampaikan lomba MTQ terdiri dari 3 cabang yaitu Hifzil Quran dengan jumlah peserta putra sebanyak 27 orang dan peserta putri sebanyak 37 orang.

Kemudian lomba cabang Tartil Quran diikuti dengan jumlah peserta putra sebanyak 33 orang dan peserta putri sebanyak 29 orang.

“Cabang Khatil Qur’an dengan peserta putra sebanyak 24 orang dan peserta putri sebanyak 26 orang,” kata Turmudi.

Kepala Bidang Pendidikan Islam Kemenag Pamekasan Juhedi, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan MTQ se Kabupaten Pamekasan. Menurutnya itu satu-satunya kabupaten yang melaksanakan MTQ jenjang SMP.

“Mari bersama mengawal mukjizat Al Qur’an. InsyaAllah berkah,” ujar Juhedi.

Sementara Kasubdit SMP/SMP PB Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemeng RI Agus Sholeh memberikan motivasi kepada seluruh peserta seranya memberi pertanyaan kepada peserta terkiat kesiapan lomba MTQ.

“Lomba ini adalah ajang untuk kalian tampil. Manfaatkan yang sebaik-baiknya dengan menampilkan yang terbaik. Nanti yang juara adalah yang terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus Sholeh mengatakan yang juara dari MTQ iti akan diundang di Jakarta. Menurutnya ada 10 provinsi yang dijadikan piloting project yakni juara 1 dari 10 provinsi itu akan diundang dalam ajang nasional.

“Selamat dan Sukses Jawa Timur diwakili oleh Kabupaten Pamekasan,” imbuhnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Kepala Kemenag Pamekasan yang ful memberi dukungan pelaksanaan MTQ ini. Ia juga mengajak untuk berjihad memajukan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, Mawardi mengatakan pihaknya sangat mendukung lomba MTQ tersebut. Ia pun berterimakasih atas dukungan kanwil kemenag Jatim dan Direktorat PAI dalam hal ini Subdit SMP/SMP LB.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com