oleh

Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Selesai, 3 Orang Masih Dirawat

Surabaya, Jurnal Jatim -Kepulangan jemaah haji Kloter 38 Debarkasi Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (13/8/2022) lalu menandai tuntasnya penyelenggaraan ibadah haji 2022 asal Jawa Timur.

Kloter terakhir dari Embarkasi Surabaya itu tiba melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jatim dengan membawa sejumlah 244  jemaah haji asal Jawa Timur dan petugas.

Dari Madinah, kloter 38 yang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5042 transit terlebih dahulu di Bandara Palembang untuk memulangkan jemaah haji dari Embarkasi Palembang.

“Kedatangan kloter 38 ini maka usai sudah operasional pemulangan jemaah haji di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, ” ungkap Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, Minggu (14/8/2022).

Haris mengatakan hingga kloter 38, Asrama Haji Debarkasi Surabaya telah menerima dan memproses kepulangan jemaah haji sejumlah 16.809 orang jemaah dan petugas dengan rincian 7807 pria dan 9002 wanita.

Terdapat 23 orang jemaah haji wafat dan dimakamkam di Arab Saudi. Tercatat, 7 orang wafat pra armuzna, 5 orang pada masa armuzna, dan 11 orang pasca armuzna.

“Dan sampai keberangkatan kloter terakhir ini, masih ada 3 orang jemaah haji yang sakit dan dirawat di RSAS (Rumah Sakit Arab Saudi), yaitu jemaah asal Tulungagung, Pamekasan, dan Kota Surabaya,” ujarnya.

Tiga orang jamaah haji yang masih mendapat perawatan di rumah sakit Arab Saudi itu, akan dipulangkan setelah dinyatakan sehat dan dipastikan akan diantarkan sampai ke daerah asalnya masing-masing.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur itu mengatakan bahwa, pelaksanaan penerimaan jemaah haji di Asrama Haji Debarkasi Surabaya berbeda dengan tahun sebelumnya.

Terutama adanya pemantauan kesehatan dengan thermal scanner dilanjutkan dengan swab antigen. Pelaksanaan ini dilaksanakan untuk pencegahan peningkatan COVID-19.

Tercatat pada gelombang pertama, kloter 1 sampai dengan kloter 20 terdapat 36 jemaah haji terkonfirmasi positif COVID-19. Pada gelombang kedua, kloter 21 sampai dengan kloter 38 terdapat 6 orang.

Seluruh jemaah terkonfirmasi positif COVID-19 telah kembali ke daerah masing-masing. Sementara itu, tercatat 1 orang dari kloter 33 yang masih sakit dan dirawat di RS Haji Surabaya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.