oleh

Meresahkan, Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Kakek Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur mengevakuasi 1 sarang tawon yang berada di dalam rumah kakek Irawan (60) warga Jl Basuki Rahmat No 1/16, Kota Nganjuk Sabtu (6/8/2022).

Evakuasi sarang tawon di dalam rumah itu berdasarkan laporan pemilik rumah Irawan yang resah di rumahnya ada sarang tawon yang sangat besar.

“Pak Irawan menginformasikan di rumahnya ada sarang tawon dan meminta kepada kami untuk mengevakuasinya,” Kata kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito, Minggu siang, (7/8/2022).

Proses evakuasi sarang tawon sekitar pukul 21.00 WIB. Evakuasi sengaja dilakukan oleh petugas damkar pada malam hari agar saat evakuasi sarang tawon tidak membahayakan warga dan petugas Damkar Nganjuk.

“Evakuasi dilaksanakan malam hari. Karena kalau kegiatan itu kita laksanakan di siang hari, membahayakan petugas termasuk lingkungan yang ada (sarang) tawonnya itu,” kata Kepala Damkar Kabupaten Nganjuk Sujito.

Petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon di rumah warga itu menggunakan bensin, pembasmi serangga serta memakai alat tongkat. Petugas juga memakai pelindung diri.

Selain itu, lampu rumah di sekeliling sarang tawon juga sengaja dipadamkan agar tawon tidak berterbangan di lampu yang menyala. petugas memakai alat lampu senter sebagai penerangan saat evakuasi sarang tawon.

Evakuasi sarang tawon berjalan kurang lebih sekitar 30 menit. Tidak didapati kendala saat proses evakuasi. Setelah berhasil, sarang tawon dimusnahkan. Sarang tawon tersebut berukuran sebesar dua genggam tangan orang dewasa.

“Alhamdulillah proses evakuasi sarang tawon tadi malam berjalan lancar tanpa kendala,” kata Sujito menambahkan.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat agar melapor ke Unit Damkar jika menemukan sarang tawon atau hewan membahayakan yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Untuk masyarakat kami sarankan ketika ada binatang yang membahayakan misalnya kalau ada tawon atau ada ular, ataupun ada binatang yang lain, yang sekitar itu mengganggu kehidupan di lingkungan bisa menghubungi kami,” kata Sujito mengimbau.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.