oleh

Khofifah Hadiri Pemakaman Ayah Wagub Jatim Emil Dardak di TMP Kalibata

Surabaya, Jurnal Jatim – Jenazah Achmad Hermanto, ayah Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu pagi tadi (21/8/2022).

Sebelum dimakamkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima dan memberangkatkan Jenazah Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014 tersebut.

“Pagi hari ini saya mendapat tugas menjadi Irup : Atas nama Negara, Bangsa dan Tentara Nasional Indonesia menerima Jenazah Almarhum Dr. Ir. H. Achmad Hermanto Dardak, M.Sc., Ph.D., Wakil Menteri Kementerian Pekerjaan Umum RI Kabinet Indonesia Bersatu Periode 2010-2014,” kata Khofifah dalam akun instagram pribadinya @khofifahip dikutip Jurnaljatim.com.

Setelahnya, jenazah ayahanda Emil Dardak yang sekaligus mertua artis Arumi Bachsin itu diberangkatkan ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara kemiliteran.

“Selanjutnya Jenazah Almarhum diberangkatkan ke Tempat Pemakamannya di TMPNU Kalibata Jakarta Selatan Untuk dimakamkan secara Militer,” kata Khofifah.

Khofifah juga menghadiri secara langsung pemakaman ayah Emil Elestianto Dardak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu pagi ini.

“Selanjutnya saya menghadiri proses pemakaman di TMPNU Kalibata (swipe),” ujar mantan menteri sosial RI ini.

Pemakaman jenazah dipimpin langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di TMP Kalibata, Jakarta.

Terlihat Emil Dardak bersama istri Arumi Bachsin melakukan prosesi tabur bunga. Serta dikelilingi keluarga terdekat. Jenazah dimakamkan di Blok Z, TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Khofifah menyampaikan ungkapan duka cita atas berpulangnya Achmad Hermanto Dardak. Ia mendoakan almarhum husnul khotimah serta diberikan ketabahan dan keikhlasan keluarga yang ditinggalkan.

“Semoga semua amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan hilafnya diampuni Allah dan beliau dipanggil dalam keadaan husnul khotimah. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan, keihlasan dan kekuatan. Amin. Lahul fatihah. Jakarta, Minggu (21/8),” pungkas Khofifah.

Achmad Hermanto Dardak tutup usia di umur 65 tahun. Ia wafat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu (20/8/2022) pukul 03.25 WIB.

Sopir Angga Saputra yang mengemudikan kendaraan dengan kecepatan 100 kilometer per jam itu diduga mengantuk hingga mobil menabrak bagian belakang truk hino nomor polisi K 1909 BH yang ada di depannya.

Almarhum Achmad Hermanto Dardak lahir di Trenggalek 9 Januari 1957. Ia menamatkan pendidikan sarjana di Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980 silam.

Kemudian melanjutkan studi magister di The University of New South Wales pada 1985 dan studi doktoral di universitas yang sama pada 1990.

Setelah menamatkan pendidikan S1-nya, ayah Emil Dardak sekaligus mertua Artis Arumi Bachsin bergabung di Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU pada 1982.

Hermanto kemudian dipercaya memegang sejumlah jabatan, di antaranya yakni Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (1995-1998), Kepala Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal (1998-1999), Kepala Pusat Kajian Kebijakan (2002-2003), Direktur Jenderal Penataan Ruang Departemen PU (2005-2007), Direktur Jenderal Bina Marga (2007-2009), Wakil Menteri Pekerjaan Umum (2009-2014), dan Kepala BPIW Kementerian PUPR (2015-2016).

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.

Writer: InstagramEditor: Azriel