oleh

Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Nganjuk Dilakukan Malam Hari

Nganjuk, Jurnal Jatim – Evakuasi sarang tawon vespa di rumah warga di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dilakukan oleh Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten setempat, pada Jumat (18/8/2022).

Evakuasi sarang tawon vespa tersebut atas permintaan warga setempat dan dilakukan malam hari untuk mengantisipasi serangan lebah yang berkeliaran.

Sarang tawon vespa yang dievakuasi petugas menempel pada atap dua rumah warga di Desa Kedungmlaten, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“Kami mengevakuasi sarang tawon setelah menerima laporan dari dua warga Andreas dan Maryono warga setempat,” kata kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito dalam keterangannya, Sabtu (20/8/2022).

Keberadaan sarang tawon yang sengatannya bisa menyebabkan kematian itu menjadi teror bagi penghuni rumah. Warga sekitar juga merasakan was-was dengan keberadaan tawon tersebut.

“Kami menerjunkan tiga personel Damkar untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut. Evakuasi disaksikan pemilik rumah dan juga perangkat desa setempat,” ujar Sujito.

Petugas naik ke atap rumah menggunakan tangga manual. Petugas pun berupaya untuk evakuasi sarang tawon yang sudah setahun bersarang.

Sebelum dilakukan evakuasi, sarang tawon vespa terlebih dahulu disemprot dengan pembasmi serangga dan bensin agar lebih jinak hingga mati.

Selanjutnya dengan menggunakan peralatan yang sederhana, petugas perlahan mencopot sarang tawon yang menempel itu. Setelah berhasil, sarang tawon itu dibawa turun.

“Alhamdulillah petugas kami berhasil evakuasi sarang tawon tanpa ada kendala. Yang dievakuasi sarang tawon jenis vespa affinis,” tandasnya.

Setelah di evakuasi, sarang tawon vespa itu dimasukkan ke dalam karung, kemudian petugas memusnahkan dengan cara dibakar.

Lebih lanjut Sujito mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan ke Unit Damkar jika menemukan sarang tawon atau hewan membahayakan di sekitarnya.

“Untuk masyarakat kami sarankan ketika ada binatang yang membahayakan misalnya kalau ada tawon atau ada ular, ataupun ada binatang yang lain, yang sekitar itu mengganggu kehidupan di lingkungan bisa menghubungi kami,” imbaunya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com