oleh

COVID-19 Melandai, Vaksinasi di Trenggalek Terus Digalakkan

Trenggalek, Jurnal Jatim Vaksinasi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur terus digalakkan meskipun kasus COVID-19 di daerah itu mulai mereda dan terkendali. Hal itu sebagai upaya pencegahan dan akselerasi vaksinasi di daerah itu.

Jajaran Polres Trenggalek yang bekerjasama dengan Puskesmas di daerah tersebut gencar menggelar vaksinasi di berbagai tempat.

Vaksinasi kerap digelar dengan metode jemput bola hingga door to door. Petugas pro aktif mendatangi masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Selain itu, fasilitas umum (Fasum) dan pusat perbelanjaan yang kerap menjadi jujukan warga juga disambangi. Salah satunya adalah dealer kendaraan bermotor yang relatif cukup banyak di Kabupaten Trenggalek.

Kasidokkes Polres Trenggalek, Aipda Lukman Hadi mengatakan dealer kendaraan bermotor tidak hanya berkutat soal jual beli kendaraan semata tetapi ada pula pelayanan perawatan kendaraan yang hampir setiap hari dipadati masyarakat.

Bahkan antrean bisa sampai sore. Sedangkan masyarakat yang datang ke tempat itu adalah dari berbagai kalangan dan domisili yang berbeda.

“Hal itu menjadi salah satu pertimbangan kami mengapa menggelar vaksinasi di lokasi tersebut. Jadi sasarannya selain karywan dealer itu sendiri juga masyarakat yang berkunjung. Semua kita layani,” katanya, Sabtu (23/7/2022).

Ia menyebut, yang cukup menggembirakan adalah tingkat antusias masyarakat yang relatif cukup tinggi. Di satu lokasi saja, sedikitnya ada 20 sampai 30 orang warga yang ikut vaksinasi.

Mulai dari vaksin1, 2 maupun 3 (booster). Sementara itu, dalam satu hari vaksinasi digelar sedikitnya di 3-4 lokasi yang berbeda.

“Dalam satu hari kami siapkan 300 dosis. Sedangkan untuk vaksinator dan tenaga medis ada 4 orang” katanya menambahkan.

Melalui metode itu diharapkan akselerasi penanganan COVID-19 bisa lebih optimal dan juga herd immunity masyarakat terbentuk sehingga Kabupaten trenggalek bebas dari COVID-19 bisa terwujud.

Capaian vaksinasi di kabupaten Trenggalek Hingga 21 Juli 2022, dosis satu mencapai angka 84,49 persen, dosis dua 76,96 persen dan dosis tiga atau booster masih berada di kisaran 20,89 persen.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.