oleh

43 Persen Jemaah Haji Jawa Timur Telah Kembali di Tanah Air

Surabaya, Jurnal Jatim – Sebanyak 43 persen atau 7.183 orang jemaah haji Jawa Timur telah tiba di Debarkasi Surabaya. Hal itu berdasarkan catatan Panitia Penyelenggara Haji Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya.

Pada Rabu (27/7/2022), kelompok terbang (kloter) 16 yang membawa jemaah haji asal Gresik, Pasuruan, Kota Malang, Banyuwangi, Jombang, Jember tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Rombongan Jemaah haji itu tiba pada pukul 05.11 WIB.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris mengungkapkan datangnya kloter 16 itu, maka tercatat 43 persen jemaah haji Jawa Timur telah kembali ke tanah air.

“Dan seluruh jemaah haji sejumlah 450 orang ini juga melewati pemeriksaan suhu tubuh dan test swab antigen. Dari hasil pemeriksaan, tercatat tidak ada jemaah yang terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Haris, Kamis (28/7/2022).

Mengenai perkembangan dari jemaah yang sakit, lebih lanjut Abdul Haris mengatakan bahwa saat ini masih jemaah haji yang sakit dan tidak dapat kembali ke daerahnya.

“Jadi masih ada dua orang jemaah yang masih yang dirawat di RS Haji Surabaya, semuanya dari Lamongan. Sedangkan yang sakit di Arab Saudi juga 2 orang,  1 orang dari Tulungagung dan 1 orang dari Nganjuk,” ujar Abdul Haris.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah jemaah haji Jawa Timur yang meninggal dunia sebanyak 19 orang. Jumlah itu bertambah setelah satu orang jemaah, Supatma Suhar Nuruddin dari Pamekasan meninggal di KKHI pada Minggu malam (24/7/2022) karena cardiovascular diseases. Perempuan 58 tahun ini kemudian di makamkan di Uhud

“Dengan meninggalnya jemaah dari kloter 23 tersebut, tercatat 19 orang sudah meninggal dari Embarkasi Surabaya, dan 14 orang di antaranya meninggal karena cardiocascular diseases,” kata Haris.

Abdul Haris juga sampaikan, dari 19 orang tersebut, tercatat 7 orang meninggal dunia pra armuzna, 5 orang masa armuzna, serta 7 orang yang meninggal pasca armuzna.

Haris kemudian menjelaskan, ada  asuransi PT Asuransi Takaful Keluarga yang memberi nilai manfaat asuransi. “Nanti akan diterima oleh ahli waris jemaah,” pungkas Abdul Haris.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.