oleh

KOSSMI 2022, Siswa Aliyah di Jombang Sukses Raih Medali Perak

Jombang, Jurnal Jatim – Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2022 yang belum lama ini digelar menorehkan prestasi salah satu siswa aliyah dari Jombang, Jawa Timur.

Nailus Syifa’i, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jombang sukses menyabet Medali Perak di bidang matematika dalam ajang bergengsi yang berlangsung di Universitas Al Azhar, Jakarta.

Ira Purwandari, guru pembina yang selama ini mendampingi siswi itu mengatakan salah satu perwakilan MAN 4 Jombang itu telah berhasil memperoleh medali perak di bidang Matematika.

“Nailus Syifa’i berhasil memperoleh medali perak setelah mengalahkan para peserta dari berbagai Madrasah di Indonesia. Nailus juga sukses membawa piala beserta sertifikat dan dana pembinaan,” ujar Ira dalam situs resmi MAN 4 Jombang dikutip, Rabu (29/6/2022).

Kepala MAN 4 Jombang, Syamsul Ma’arif menyampaikan, capaian prestasi siswa dan pembina itu dapat terwujud karena ikhtiar, bimbingan yang ektra, konsisten dan rutin. Sehingga hasilnya luar biasa.

“Ini merupakan prestasi membanggakan yang dipersembahkan Nailus bagi MAN 4 Kabupaten Jombang,” kata Syamsul.

Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia atau KOSSMI merupakan event lomba olimpiade tingkat nasional yang diselenggarakan oleh ABA Institut, Yohanes Surya Institut dan Universitas Al Azhar Jakarta.

KOSSMI ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

Tujuan penyelenggaraan KOSSMI untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang beragama Islam baik yang bersekolah di madrasah, pesantren serta sekolah umum ataupun homeschooling untuk berkompetisi di bidang sains.

Lomba dilakukan dengan 3 tahapan, yakni penyisihan, babak semi final dilaksanakan online. Sementara babak final dilaksanakan secara offline selama 2 hari dari 4 sampai 5 Juni 2022 di Universitas Al Azhar Jakarta.

Syamsul menambahkan bahwa Madrasah memberikan reward bagi siswa berprestasi. Madrasah telah membiayai secara total keberangkatan mereka bersama pendamping ke Jakarta, termasuk pemberian transpor dan lainnya.

“Itu semua sebagai bentuk komitmen madrasah dalam memberikan dukungan, dan ini tanggung jawab Madrasah pada pembinaan prestasi siswa,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.