oleh

Bocah Tenggelam di Sungai Gunting Jombang Ditemukan, Begini Kondisinya

Jombang, Jurnal Jatim –  Tim SAR gabungan akhirnya menemukan RPA (12), remaja yang hilang tenggelam saat berenang di sungai gunting, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis pagi (30/6/2022).

Korban sebelumnya dilaporkan tenggelam pada, Selasa (28/6/2022) pukul 14.00 WIB dan ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa setelah dilakukan pencarian selama tiga hari.

“Korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar tadi pagi jam 08.00 WIB,” ujar Kalaksa BPBD Jombang, Bambang Dwijo Pranowo.

Bocah warga Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Jombang itu ditemukan tidak jauh dari Tempat Kejadian Musibah (TKM) di kali gunting, Dusun Balongsono, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Setelah dievakusi oleh tim, korban langsung dibawa ke rumah duka. Jenazah dilakukan pemeriksaan luar, kemudian diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

“(Jenazah korban) sudah dibawa rekan-rekan ke kediaman rumah duka. Penyisiran sudah kami nyatakan selesai, untuk informasi lebih lanjut kita masih menuggu evakuasi selesai,” ujarnya.

RPA dilaporkan hilang tenggelam di sungai gunting bersama dengan teman-temannya pada Selasa lalu (28/6/2022) pukul 14.00 WIB.

Pelajar SMP asal Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito tersebut tenggelam diduga karena tidak bisa berenang.

Saat itu korban bersama temannya 6 orang berenang menyusuri aliran air dengan arus yang tidak terlalu deras. Teman-teman korban berhasil menyeberangi sungai dan menepi.

Nahas bagi RPA yang berada paling belakang. RPA kesulitan menyeberang sungai karena tidak bisa berenang. Mengetahui itu, rekan korban Afifuddin berusaha menolong, tapi gagal.

Bahkan Afifuddin juga nyaris hanyut karena korban saat itu terus merangkulnya. Pada saat yang sama, temannya yang lain Reyhan Nur Ferdyansyah turut turun dan menolong keduanya. Afifuddin berhasil terselamatkan, namun korban tak tertolong dan tenggelam.

“Awalnya anak-anak mau menyeberang sungai kebetulan yang terakhir sendiri (korban) tidak bisa renang,” ujar Bambang pada Selasa (28/6/2022).

Setelah itu, pencarian korban dilakukan oleh tim gabungan. Tiga tim diterjunkan mencari keberadaan korban dengan menggunakan perahu karet. Hingga pada hari ketiga, korban ditemukan meninggal dunia.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.