oleh

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selama Ramadan 2022 Wilayah Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Selama bulan suci Ramadan 1443 H, umat muslim di Nganjuk, Jawa Timur dapat melihat waktu salat, sahur, dan berbuka puasa melalui jadwal imsakiyah (Imsak) Kementerian Agama (Kemenag).

Jadwal imsak tersebut dirilis melalui laman resmi Kemenag Jawa Timur. Jadwal imsak tersebut berfungsi sebagai penunjuk waktu salat wajib, salat sunah, sahur, dan berbuka puasa. Jadwal tersebut dirancang agar umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadan secara maksimal.

Hari pertama ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari ini, Minggu (3/4). Bulan Ramadan selama ini ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam sebagai momentum memperbanyak ibadah dan amalannya.

Sebelum menunaikan ibadah puasa, umat Islam diharuskan sahur dengan makan dan minum guna menyimpan energi cukup saat berpuasa pagi harinya.

Berikut ini merupakan jadwal imsakiyah untuk wilayah Kabupaten Nganjuk selama bulan Ramadhan 1443 hijriah tahun 2022 yang dirilis di laman resmi Kemenag Jatim.

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selama Ramadan 2022 Wilayah Nganjuk

Pemerintah menetapkan puasa ramadan 1443 H jatuh pada Minggu 3 April 2022. Penetapan itu setelah sidang isbat digelar pemerintah melalui Kementerian Agama pada Jumat (3/4/2022).

Sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam dipimipin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Dari 101 titik, semua melaporkan tidak melihat hilal. Berdasarkan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal, secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022 Masehi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.