PWI Malang Raya Gelar Ukw Angkatan 40 untuk Cetak Wartawan Kompeten

Malang, Jurnal Jatim –   menggelar uji kompetensi (). Gratis di Kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema). UKW mulai 29-31 Maret 2022 tersebut diikuti puluhan wartawan media cetak dan elektronik dari lokal maupun luar Jawa Timur.

UKW angkatan ke 40 itu dibuka Kapolresta Malang Kombes Pol Budi Hermanto, Selasa (29/3/2022). Hadir pada pembukaan, Ketua Jatim Lutfil Hakim, Wakil Polinema; Kasi Intel Kejari Malang Eko Budi Susanto; serta perwakilan BPJS Tenaga Kerja Malang, Imam Santoso.

“UKW gelombang III PWI Malang Raya kali ini diikuti 36 peserta, 1 kelas Madya, 5 kelas Muda. Mereka datang dari , , Bogor, dan se-Jatim,” kata Ketua PWI Malang Raya, Cahyono pada sambutannya.

Ia menyebut, selama tiga kali melaksanaan UKW, PWI Malang Raya sudah menelurkan 181 orang wartawan yang kompetens. Dikatakan dia, UKW tersebut sesuai regulasi Dewan Pers. Harapannya semua wartawan menjadi profesional dan berkompeten.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, berharap peserta UKW yang lulus memiliki pengalaman dan profesional. Menurut dia, pers harus cerdas, jujur, dan memiliki niat yang baik ketika mengolah berita.

“Semua yang lulus saya harap berkompeten, linier. Bagaimana jurnalisme dikuasai secara kaffah. Pers tidak cukup hanya di kompetensi ini, tapi harus ditambah pengetahuan,” kata Lutfil Hakim.

“Bagaimana mencerdaskan masyarakat kalau dirinya tidak cerdas. Harus banyak dengan kasus-kasus yang ada. Kristis, independen, obyektif,” lanjut dia.

Lebih lanjut ia menegaskan, pers tidak boleh condong ke kiri atau ke kanan. Karena kalau demikian tidak bisa dikatakan sebagai kompeten. Jurnalis harus jujur, niat baik, tidak boleh .

framming sangat halus sehingga mengacaukan tubuh berita. Jadi harus komprehensif,” katanya

Sementara itu, Kombes Pol Budi Hermanto mengungkapkan, kehadiran media merupakan pilar kontrol sosial dalam tugas pemerintah. Kontrol itu harus ada regulasi yang pas konsepnya, bukan untuk mendiskreditkan.

“Semoga dalam tugas media, Pers semakin mulia demi Negara lebih baik. Semoga semua bisa lulus,” kata Kapolres Malang Kota yang membuka acara tersebut.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow di Google News.