oleh

Durian Saman Magetan Akan Didaftarkan Jadi Varietas Unggul Nasional

Magetan, Jurnal Jatim – Durian Saman di tahun 2022 akan didaftarkan Dinas TPHTKP (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan ketahanan pangan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjadi varietas unggul nasional.

“Tadi kami ambil sampel untuk diujikan nutrisinya. Dan kami akan menunggu tim dari propinsi untuk uji kebenaran varietasnya,” kata Kepala Dinas TPHTKP Uswatul Chasanah, pada Minggu (27/3/2022).

Dinas TPHTKP Kabupaten Magetan berharap, di akhir tahun 2022 Durian Saman sudah bisa menjadi varietas unggul nasional dari daerah setempat.

Uswatul Chasanah mengatakan, Durian saman merupakan durian khas Magetan, Jawa Timur. Rasanya pun berbeda dengan durian di daerah lainnya.

“Cita rasa yang khas, perpaduan legit dan pahit serta warnanya yang cantik kuning keemasan,” katanya.

Uswatul menceritakan, istilah Saman yang disisipkan di belakang kata Durian diambil dari nama pemilik pohon. Yakni seorang kakek bernama Saman yang tinggal di dukuh Beji, Desa Plangkrongan, Kecamatan Poncol, Magetan.

Konon, selain menghasilkan durian dengan cita rasa yang khas, pohon tersebut juga mampu memproduksi 100 sampai dengan 200 buah ketika panen pada kondisi normal.

Dinas TPHPKP sudah mulai mengobservasi Durian Saman sejak 2009. Pada 2010 Durian Emas dari Kabupaten Magetan tersebut telah diikutsertakan dalam acara Bursa dan Festival Durian se-Jatim serta mendapatkan juara harapan 1.

Untuk meningkatkan produksi buah Durian Saman, Dinas TPHPKP juga melakukan penanaman pohon Durian di beberapa daerah zonasi, yaitu Plaosan, Sidorejo, Panekan, dan Ngariboyo. Upaya tersebut dilakukan, baik dengan cara okulasi maupun kultur tanaman.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News