oleh

Terekam CCTV, Pencuri Gagal Bongkar Kotak Amal Masjid di Tuban

Tuban, Jurnal Jatim – Pencuri kotak amal masjid SDIT Al Uswah di Kelurahan Latsari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, gagal membongkar kotak amal lalu meninggalkannya beberapa meter dari masjid karena tepergok warga.

Aksi pelaku seorang diri terekam kamera CCTV milik warga setempat dan menjadi viral di sejumlah grup WhatsApp, Senin (20/12/2021).

Pada rekaman video itu, maling tampak seorang diri masuk ke kawasan Masjid SDIT Al Uswah, malam dini hari sekitar pukul 02.50 Wib. Kemudian, kotak amal yang terbuat dari kayu berada di samping pintu masjid langsung dibawa kabur pelaku dengan cara dipangkul.

Apesnya, pelaku seorang anak muda tidak mampu membongkar kotak amal dan aksinya diketahui salah satu warga. Kemudian, kotak amal ditinggal sekitar 500 meter dari lokasi kejadian. Lalu ditinggal kabur.

“Aksi pelaku terekam kamera CCTV,” ungkap salah satu guru SDIT Al Uswah Tuban, Niam, Selasa (21/12/2021).

Niam mengatakan pelaku yang memakai kaos masuk ke kawasan masjid melalui pintu samping yang saat itu kondisinya tidak terkunci. Setelah itu, pelaku membawa kotak amal keluar masjid dengan cara dipikul seorang diri.

“Masuk pintu samping, dan kelihatannya pelaku tidak pakai sepeda motor dan kotak amal dipikul pelaku,” katanya.

Setelah sukses menggondol kotak amal, pelaku berusaha membukanya dengan menggunakan tangan kosong. Sialnya, aksi pelaku diketahui salah satu warga. Seketika itu, pelaku kabur meninggalkan kotak amal dalam kondisi masih utuh.

“Pelaku tidak berhasil membongkar kotak amal, karena diketahui warga. Sekarang kotak amal sudah dikembalikan ke masjid,” jelas Niam.

Guru asal Kecamatan Soko itu menyebut, untuk kerugian nihil karena kotak amal tidak berhasil dibuka pelaku. “Kerugian nihil karena kotak amal tidak bisa dibongkar,” jelasnya.

Sementara, anggota Polsek Kota Tuban yang mendapat kabar langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi.

“Petugas sudah menemui pengurus masjid, namun pengurus tidak mau melaporkan kejadian itu karena tidak ada kerugian materi,” ungkap Kapolsek Tuban, Polres Tuban, Iptu Riyanto.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid