oleh

Kerajinan Rebana di Ngetrep Madiun Sejak Tahun 1965

Madiun, Jurnal Jatim– Di usia yang lebih dari setengah abad, tak membuat Sutari, patah semangat untuk terus menekuni usaha kerajinan rebana di Desa Ngetrep, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Kepiawaiannya dalam membuat rebana diperoleh dari warisan orangtuanya yang juga menjadi perajin sekitar tahun 1965 silam. Kemudian pada 1987, Sutari meneruskan usaha itu hingga sekarang.

Di tangan dingin Sutari, usaha alat musik rebana kian berkembang. Sutari tidak hanya membuat rebana, namun juga alat musik lain berbahan kulit domba seperti ketipung dan drum dengan berbagai model serta ukuran.

Bahkan, pria berusia 57 tahun tersebut jika ada yang ingin servis (memperbaiki) rebana, pun akan dilayaninya.

Sutari menuturkan, pembuatan rebana itu dari bahan kulit domba. Pada tahap awal pembuatan rebana, kulit domba dibersihkan dengan cara direndam di air kapur.

Kerajinan Pembuatan Rebana di Jiwan Madiun Warisan Sejak Tahun 1965

Menurutnya, proses itu berlangsung selama empat hari, setelah itu dicampur dengan cairan kimia agar awet sekaligus menghilangkan lemak kulit.

“Selanjutnya, kulit yang sudah bersih itu dijemur hingga kering. Setelah itu, kulit domba dipotong sesuai dengan ukuran,” tutur Sutari seperti tertulis di laman facebook Kabupaten Madiun, dikutip Minggu (5/12/2021).

Sedangkan untuk bahan kayu, Sutari mengerjakannya dengan media bubut yang ia desain sendiri. Meski demikian, produk yang dihasilkannya tidak kalah di pasaran.

Setelah kayu dan kulit siap, Sutari mulai menggabungkan keduanya dengan teknik pressing. Untuk sentuhan akhir, ia menambahkan pewarna pada kayu agar makin menarik. Maka, jadilah alat musik rebana yang memiliki suara khas dan mempunyai nilai ekonomis.

Rebana buatannya dipatok harga mulai dari Rp3,6 juta rupiah sampai Rp4,5 juta per set. Usaha kerajinannya tersebut sudah dikenal luas hingga luar daerah.

“Mulai di karesidenan Madiun hingga Lampung, Palembang, dan Medan,” imbuh warga Ngetrep, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun tersebut.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel