oleh

Khofifah Ziarah Makam Gubernur Pertama Jatim di Magetan

Magetan, Jurnal Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam gubernur pertama Jatim Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo di jalan Salak, Kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan, Jatim, Minggu (10/10/2010).

Ziarah Khofifah merupakan tradisi dari rangkaian acara perayaan HUT Provinsi Jawa Timur tahun 2021 yang ke -76. Khofifah mengatakan ziarah tersebut dilakukan setiap tahunnya.

“Ini tahun ketiga saya bisa memimpin langsung ziarah ke makam Gubernur Soerjo, dan beliau adalah peletak dasar atau babat alasnya Jawa Timur,” kata Khofifah pada saat ziarah makam Gubenur R.M.T Ario Soerjo.

Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo adalah gubenur pertama di Jawa Timur, sekaligus pahlawan nasional yang berjasa bagi negara Indonesia. Ia menjabat sebagai Gubernur Jatim pada rentang periode tahun 1945 – 1948. Soerjo juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan dari tahun 1938 hingga tahun 1943.

Khofifah mengungkapkan, ziarah tersebut menjadi bagian dari cara generasi penerus bangsa untuk menghargai, menghormati jasa dan keteladanan para pendahulu bangsa.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memberikan penghormatan, menghargai jasa-jasa para pahlawan,”  ungkap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Dalam ziarah tersebut, Khofifah berpesan kepada masyarakat untuk membangun satu komitmen bahwa ada perjuangan dan pengorbanan. Dimana, komitmen tersebut diteladankan oleh sosok-sosok pahlawan.

Ziarah makan Gubenur R.M.T Ario Soerjo juga diikuti oleh jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Magetan, Forkopimda Kabupaten Magetan serta perwakilan Pokmas Paguyupan Ahli Waris Kertosasono.

Setelah berziarah, Gubernur Khofifah melanjutkan peninjauan vaksinasi COVID-19 di Pendopo Suryo Graha, Kabupaten Magetan.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel