Kasus Kematian Akibat COVID-19 di Kediri, 86 Persen Pasien Belum Vaksin

, Jurnal Jatim – Angka kematian akibat COVID-19 terus berusaha ditekan Kota (Pemkot) Kediri, dengan percepatan vaksinasi COVID-19. Sebab, tren kasus aktif COVID-19 di wilayah itu masih cenderung naik pada bulan Agustus 2021.

Kesehatan Pemerintah Kota Kediri mencatat terdapat lima kasus meninggal dunia pada Kamis (11/8/2021). Dengan begitu, sebanyak 81 kasus meninggal dunia per tanggal 1 sampai 11 Agustus 2021.

Sebelumnya, kasus kematian akibat COVID-19 dengan memiliki pengaruh besar. Ada 4 komorbid teratas yang menjadi faktor utama, diabetes, darah tinggi, jantung serta .

Namun, tren kasus kematian pasien yang terjadi di RS Gambiran, Kota Kediri, 86 persen pasien belum divaksin. Lalu sebanyak 11 persen sudah dosis 1, dan 3 persen sudah melakukan vaksin dosis 2.

Dengan begitu, kasus pasien belum divaksin menggeser komorbid sebagai faktor kasus kematian COVID-19 di Kota Kediri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr Fauzan Adima menyebut, dampak vaksin COVID-19 pada peningkatan sistem imun tubuh untuk mencegah gejala berat dan berujung kematian mulai terbentuk.

“Artinya vaksin memang bermanfaat untuk mencegah kematian, walaupun vaksin tidak 100 persen mencegah orang . Tapi paling tidak, vaksin bisa mencegah orang yang terpapar COVID-19 tidak menjadi berat bahkan tidak menyebabkan kematian karena dalam tubuhnya sudah ada antibodi terhadap COVID-19,” sebutnya.

Dokter Fauzan juga mengungkapkan, bahwa pada bulan Mei hingga Juli 2021, tercatat kasus kematian COVID-19 di RS Gambiran sebanyak 49 persen disertai komorbid.

Lalu sisanya sebanyak 48 persen kasus tidak disertai komorbid. Itu menggeser tren kasus kematian COVID-19 pada awal sebanyak 90 persen disertai komorbid.

Saat ini, menurut data Dinas Kesehatan Kota Kediri, 63,04 persen masyarakat di Kota Kediri telah melakukan vaksinasi tahap 1 dan 32,74 persen di antaranya telah melakukan vaksinasi tahap 2.

Wali Kota Kediri atau Mas Abu terus mengimbau kepada masyarakat Kota Kediri untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya meningkatkan herd immunity.

“Apapun vaksin yang tersedia, ambil saja. Ini juga demi kebaikan diri sendiri. Semua faskes di Kota Kediri masih tetap melayani vaksinasi tahap 1 dan 2. Lalu, bagi yang sudah vaksin, saya minta jangan terlena. Tetap jaga protokol kesehatan di manapun berada,” katanya.

 

Editor: Azriel