oleh

Jamaah Masjid di Kediri Meninggal Dunia Saat Dengarkan Khotbah Jumat

Kediri, Jurnal Jatim – Jamaah Masjid Baiturrahman, Kelurahan Jalan Mayor Bismo Gang Salak, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur mendadak dikagetkan dengan salah satu jamaah meninggal dunia diduga karena sakit, Jumat (27/8/2021).

Korban Karmidi, warga Jalan Mayor Bismo Gang Salak, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota Kediri, meninggal dunia ketika mendengarkan khotbah Jumat, tadi siang.

Informasi yang diperoleh, awalnya Karmidi ke masjid Baiturrahman untuk menunaikan salat Jumat. Saat berada di Masjid, Karmidi duduk di barisan tengah di antara jamaah lainnya.

Di saat para sedang jamaah khusuk mendengarkan khotmah, tiba-tiba saja Karmidi tak sadarkan diri atau pingsan. Sontak, kejadian tersebut mengagetkan para jamaah salat Jumat lainnya.

“Saya posisinya di belakang beliau (almarhum) dan saya melihat beliau sedang dikerumuni teman-teman yang lain, waktu itu saat khotbah,” kata salah satu jamaah bernama Muji Harjita.

Mengetahui ada kejadian itu, lanjut Muji, Takmir Masjid dibantu sejumlah jamaah bergegas mengangkat Karmidi keluar untuk diberikan pertolongan pertama.

“Lalu takmir masjid dan panitia masjid berupaya memindahkan beliau (almarhum) keluar. Kami langsung menghubungi teman-teman. Tim satpol PP dan inafis turun juga,” ujarnya.

“Keterangan dari pihak keluarga, Pak Karmidi punya penyakit darah tinggi,” lanjut Muji.

Sementara itu  Sekretaris Satpol PP Kota Kediri, Nur Khamid, menambahkan, pihaknya langsung meluncur ke lokasi dengan membawa mobil emergency untuk membantu korban.

“Ada yang menghubungi bahwa ada orang pingsan. Kami langsung datang, dan tim inavis juga ke sana,” kata Nur.

Menurut jamaah, kata Nur Khamid, yang bersangkutan saat itu sedang mengikuti prosesi salat Jumat. Karena masih dalam khotbah, almarhum tiba-tiba pingsan dan akhirnya dibawa ke teras masjid.

“Saya kesitu indisikasi meninggal dunia, kemudian dipastikan inafis Polresta Kediri. Pihak keluarganya juga datang menerima kematian almarhum dan tidak divisum,” ujarnya.

Setelah itu, jenazah almarhum dibawa ke rumah duka dengan menggunakan mobil emergency Satpol PP Kota Kediri

“Satpol PP dimintai bantuan, bersama tim inafis Polres Kediri Kota untuk membawa ke rumah duka. Untuk itu dalam hal pertolongan satpol PP ada mobil emergency sehingga warga bisa menghubungi kita,” ujarnya.

 

Editor: Azriel