oleh

Begini Cara Satpol PP Kota Kediri Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Kediri, Jurnal Jatim – Sudah tiga hari ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, Jawa Timur membuat gerakan sosial berbagi makanan siap saji dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah kota setempat.

Langkah itu dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 sekaligus pasien COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan yang menjalani isolasi mandiri atau isoman.

Sekretaris Satpol PP Kota Kediri, Jawa timur, Nur Khamid, mengungkapkan, kegiatan peduli terhadap sesama itu dilakukan bersama relawan sejak Rabu (25/8/2021) lalu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Kegiatan ini kita namakan gerakan berbagi dan peduli di saat pandemi COVID-19 itu damai dan indah,” tuturnya kepada Jurnaljatim.com, pada Sabtu (28/8/2021).

Kegiatan yang dilakukan aparat penegak Perda itu mendasar pada instruksi Wali Kota Kediri nomor 188.55/3/149.033/2021 tentang dukungan pelaksanaan gerakan berbagi membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

Setiap hari, petugas Satpol PP bersama relawan memasak di dapur umum di Aula Mako Satpol PP di jalan Veteran nomor 88 Kota Kediri. Setelah selesai dimasak, makan tersebut kemudian di antar langsung ke penerima.

“Jadi, berbagi nasi siap saji dan sembako setiap hari, di antar ke penerimanya. 100 porsi yang dibagikan setiap harinya,” ujar mantan Kepala Bidang Trantibum tersebut.

Pada Sabtu (28/8/2021), petugas bersama relawan membagikan ke sejumlah tempat. Di antaranya SLB (Sekolah Luar Biasa) Bhakti Pemuda, di Kelurahan Tamanan, Kecamatan Mojoroto, warga di Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, serta di Pondok Pesantren Al-Firdaus.

“Bantuan yang kita berikan ini tidak banyak. Tetapi, harapannya bantuan ini bisa meringankan sedikit beban hidup orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus,” katanya saat di SLB Bhakti Pemuda.

Menurut Nur, Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung satu setengah tahun lebih sangat berdampak pada semua sektor. Ia mengajak semua masyarakat menghadapi dengan penuh semangat dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang ditetapkan pemerintah.

“Ayo patuhi protokol kesehatan serta kita hadapi dengan sabar dan penuh semangat. Yang tidak kalah pentingnya untuk selalu kompak dalam hal berbagi kepada sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SLB Bhakti Pemuda Nisa mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP atas bantuan sembako yang diberikan kepada pihaknya.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan donatur dari Satpol PP Kota Kediri. Dimana ada gerakan berbagi kepada masyarakat kurang mampu dan (warga) terdampak COVID-19,” ujarnya.

 

Editor: Hafid