Sandiaga Uno Berikan Kiat Sukses Kembangkan Usaha Pelaku Ekonomi Kreatif di Kediri

Kediri, dan Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandiaga Uno memberikan kiat sukses kembangkan usaha pelaku Ekonomi Kreatif di Kediri.

Satu di antaranya adalah membangun jejaring. Tidak hanya sesama pelaku UMKM, pemerintah ataupun pihak swasta, tetapi juga membangun jejaring di dunia maya.

Menurut Sandiaga Uno memanfaatkan teknologi , seperti sosial hingga marketplace, para UMKM dapat memperluas jejaring hingga jangkauan pemasaran.

“Kota Kediri memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen,” kata Sandiaga Uno saat membuka workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) di Kota Kediri, Sabtu (22/6/2024).

Workshop itu bentuk aktivasi memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, sehingga memiliki nilai tambah dari produk-produknya.

Workshop KaTa Kreatif tersebut diharapkan para ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki. Dengan begitu para pelaku UMKM dapat berdaya saing dan menciptakan lapangan kerja lebih luas bagi masyarakat sekitarnya.

Selain itu diharapkan mampu meningkatkan sinergitas antar pemangku kepentingan untuk penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Disampaikan Sandiaga Uno, diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Lewat program KaTa Kreatif, Sandiaga Uno berharap tercipta kolaborasi antara pelaku usaha dengan seluruh stakeholder.

Sehingga, subsektor unggulan Kota Kediri dapat mendorong pengembangan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

“Dengan begitu ekosistem semakin kuat, roda perekonomian bergerak, lapangan kerja tercipta. Ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian daerah,” ujarnya.

Penyampaian menparekraf disambut positif oleh 150 pelaku usaha ekonomi kreatif yang hadir saat itu.

Untuk diketahui Kota Kediri Jawa Timur menjadi lokasi ketujuh dari rangkaian KaTa Kreatif Indonesia tahun 2024.

Hadir dalam acara itu Pj Wali Kota Kediri ; Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kota Kediri, Zachrie Ahmad; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Hariyanto; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Oneng Setya Harini.

Workshop diisi dua orang narasumber, yaitu Akbar Moujahid selaku Brand Activist dan Ramalis Sobandi selaku Ketua Tim Penilai KaTa Kreatif.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com