Maling Motor yang Nyaris Tewas Diamuk Massa di Jombang Ternyata Ini Tampangnya

Jombang, – Peristiwa maling diamuk hingga nyaris pelaku tewas terjadi di Jombang, belum lama ini. Pelaku berinisial IA (43) warga Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Surabaya.

Ia tertangkap basah berupaya mencuri motor warga di Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, tepatnya di depan pakan burung.

“Pelaku saat ini masih dilakukan penyidikan oleh penyidik,” kata Diwek Iptu Edy Widoyono Sabtu (29/6/2024).

Aksi pencurian motor di depan toko pakan burung dilakukan IA pada Kamis (27/6/2025) sekitar pukul 22.30 WIB lalu.

Pelaku berusaha mengambil paksa sepeda motor honda matik jenis beat milik seorang perempuan bernama Dwi Wiryaningsih, (24) warga Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek.

“Pelaku berusaha mencuri nomor S 2330 OBF,” kata Edy dalam keterangannya diterima Jurnaljatim.com, Sabtu (29/6/2024).

yang didapat, korban saat itu memarkir motornya di depan toko tepi jalan raya Jatipelem-Gudo. Tak lama berselang pelaku datang ke lokasi dibonceng motor temannya.

Setelah itu, pelaku turun dari motor lalu berupaya mencuri motor korban. Sementara temannya menunggu dari kejauhan.

“Aksi pelaku ketahuan korban lalu diteriaki maling. Kalau informasi dari warga, antara korban dan pelaku sempat terjadi tarik-menarik motor,” katanya.

Korban yang mengetahui motornya diambil orang tak dikenal spontan berteriak maling. Bersamaan itu, warga melintas di lokasi dan menolongnya.

Warga lain yang mendengar teriakan maling langsung berbondong-bondong mendatangi lokasi.

Apes, pria asal Surabaya itu tak bisa kabur karena terjebak kepungan warga. Sementara temannya yang menunggu di sekitar lokasi langsung tancap gas, kabur.

“Modusnya, pelaku mengambil sepeda motor sendiri ketahuan korban kemudian diteriaki maling dan ketangkap warga,” kata mantan Kasidokkes Polres ini.

Warga sudah geram dan emosi langsung beramai-ramai menghakimi hingga pelaku babak belur nyaris mati. Peristiwa itu juga terekam kamera dan menyebar.

Beruntung nyawa pelaku terselamatkan setelah petugas dari datang dan mengamankannya ke Mapolsek Diwek.

“Pelaku saat ini sudah kita tetapkan sebagai tersangka pencurian dan ditahan. Namun, pemeriksaan lanjutan dan pendalaman masih dilakukan,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com