Satu Calon Haji Jombang Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci Tahun Ini Karena Hamil

Jonbang, Jurnal Jatim – Impian Kristinawati menunaikan haji tahun ini harus ditahan. Sebab, wanita 43 asal Jombang itu positif hamil jelang keberangkatan ke 27 Mei.

Kasi penyelenggaraan haji dan kantor Kemenag Jombang Ilham Rohim, Kamis (23/5/2024) mengonfirmasi satu   atas nama Kristinawati gagal berangkat ke tahun ini.

“Ya betul, ada atu wanita ditunda keberangkatannya karena positif hamil,” kata Ilham kepada .com.

Ilham menyebut,  berdasar data yang masuk, Kristinawati tergabung dalam kloter 61. Dia warga Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Kristinawati dijadwalkan akan berangkat haji tahun ini setelah menerima pelimpahan porsi dari ayahnya Marsudi.

”Yang bersangkutan sudah kita verifikasi jadi berangkat 2025 mendatang,” kata Ilham.

Sebelumnya calon haji juga gagal terbang ke tanah suci tahun ini lantaran duni. Mereka kemudian digantikan calon haji cadangan yang sudah mendapat porsi dan sudah melakukan pelunasan sebelumnya serta dipastikan berangkat ke tanah Suci.

Saat ini, yang siap berangkat ke mekkah pada 27 Mei nanti berjumlah 1.168 orang. Sebelum berangkat, mereka akan mengumpulkan koper jemaah ke kantor Kemenag Jombang.

“Nanti calon jemaah haji kita imbau untuk mengumpulkan koper mulai  25 Mei dan 26 Mei,” kata Kepala kantor Kemenag Jombang Muhajir menambahkan.

Ia mengungkapkan, sebanyak 1.168 jemaah akan terbagi dalam empat kloter. Masing-masing kloter 61,62, 63 dan 64. Khususnya untuk kloter 64 adalah kloter gabungan dengan beberapa daerah di Jawa Timur.

”Kloter 61 dan kloter 62 kita jadwal kan mengumpulkan koper Sabtu 25 mei, kloter 63 dan kloter 64 kita jadwalkan kumpulkan koper di hari Minggu 26 Mei,” ungkapnya.

Nantinya, dikatakan Muhajir, koper akan diberangkatkan lebih dulu ke Asrama haji Sukolilo . Pemberangkatan koper dilakukan pada hari yang sama namun beda waktu.

”Kloter 61 harus masuk asrama haji pada pukul 08.00 WIB, kloter 62 pukul 10.00 WIB kloter 63 pukul 12.00 WIB dan kloter ke 64 pukul 15.00 WIB,” kata Muhajir menutup.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.