Selamat! Jawa Timur Juara Umum STQH Nasional 2023 di Jambi

, Jurnal Jatim – Jawa Timur meraih juara umum dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits (STQH) XXVII Nasional 2023 di Jambi.

Raihan juara umum STQH Nasional 2023 tersebut diumumkan dalam penutupan acara yang digelar di Arena Utama H. Abdurrahman Sayoeti, Jambi, Senin (6/11/2023) malam.

Kafilah Jatim berhasil mencatatkan prestasi gemilang pada Seleksi Tilawah Al- dan Hadits Nasional (STQH) yang digelar di Jambi. Tim dari Jawa Timur berhasil meraih gelar juara umum dalam kompetisi tersebut, menunjukkan kualitas tinggi dalam membaca Al-Quran dan memahami hadits.

Predikat tersebut berdasarkan Keputusan Hakim Nomor: 04/Kep.DH/STQHN-XXVII/2023 Tentang Penetapan Peserta Terbaik I, II, dan III Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Al-Hadits Tingkat Nasional XXVII Tahun 2023 di Provinsi Jambi yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Hakim Ahmad Syukri Saleh.

Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki mengapresiasi penyelenggaeaan STQH Nasional ke-27. Ia berharap gelaran STQH Nasional dapat mendorong kecintaan dan kesadaran umat Islam terutama generasi muda untuk mendalami makna Al-Qur’an dan Hadis.

“Gema gelaran STQH ini harus memberi dampak sosial dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan kepada masyarakat dan bangsa yang penuh dinamika dan tantangan dewasa ini,” ujar Saiful saat menutup gelaran tersebut.

Gelaran STQH yang diikuti sekitar 700 peserta tersebut juga diharapkan Saiful, mampu membentuk manusia yang berkualitas.

“Penyelenggaraan STQH ke-27 Nasional 2023 harus mampu membentuk manusia yang berkualitas, yaitu manusia yang senantiasa condong kepada yang lurus dalam berperilaku, bekerja, dan bermasyarakat,” ujarnya.

Saiful juga mengajak generasi muda untuk menanamkan pemahaman yang benar tentang pandangan Islam terhadap keragaman.

“Isu menarik yang perlu dikaji lebih jauh pada adalah pemahaman tentang makna multikulturalisme dalam Al-Qur’an. Sejak usia muda, generasi Islam harus ditanamkan pemahaman yang benar terkait bagaimana pandangan Islam terhadap keragaman di masyarakat,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Jawa Timur, Husnul Maram menyampaikan ucapan selamat kepada para Kafilah Jatim yang telah membawa nama harum Jawa timur di ajang STQHN  XXVII di Jambi.

“Semua ini tidak lepas dari persiapan yg matang sejak bulan April lalu dengan mengkarantina Kafilah untuk terus belatih dan ikhtiar lahir bathin secara bersama, serta atas kerja kompak semua pihak, utamanya Pemprov Jatim, Kanwil Jatim dan LPTQ Jatim,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penais Zawa Mufi Imran Rosyadi yang ikut hadir pada penutupan STQHN mengungkapkan rasa syukurnya bisa menyandingkan Juara umum STQHN di Jambi menyusuli Juara umum MTQN di Kalsel beberapa waktu lalu.

Menurut Mufi, bukan sesuatu yang mudah setelah menunggu puluhan tahun untuk meraihnya.

“Perjuangan dari para Kafilah, para pelatih dan pendamping, dan dukungan semua pihak utamanya Pemerintah daerah dan Kanwil Kementerian agama dan LPTQ Provinsi Jatim serta seluruh alim ulama dan  masyarakat Jawa timur turut mempermudah upaya meraih prestasi ini,” ujarnya.

Berikut daftar juara STQHN asal Jatim:

  • Dzaniyal Muhammad Chubaibillah meraih juara 2 qori terbaik golongan dewasa cabang tilawah alquran
  • Lailatul Mubarokah, qoriah harapan 3
  • Iskandar Dulqurnain, qori terbaik 1 golongan
  • Dinar Aulia Putri, qoriah terbaik 3 golongan anak-anak
  • M. Zaky Arrosyidi, hafidz terbaik 3 Golongan 5 Juz dan Tilawah
  •  Ahmad MizmarHafizh Harapan Golongan 10 Juz
  •  Ach Farhan, Hafizh Terbaik golongan 20 juz
  • Fehima Najaha Asy-Syarifah hafidzah terbaik 3
  • Iqbal Aris Maulana Hafizh Terbaik 3 Golongan 30 Juz
  • Qurrota A’yun Hafizhah Terbaik 2 golongan 30 juz
  • Khoiruman Ardiansyah Rosyid Al-Ramadhani Putera Ananta, Mufassir Terbaik 3  Cabang Tafsir Al-Qur’an Golongan Bahasa Arab
  • Qonita Auliya Maulida Mufassirah Harapan  1 Cabang Tafsir Al-Qur’an Golongan Bahasa Arab
  • Atsal Taufiqie Nandito Muhaddits Terbaik 1 Golongan Hafalan 500 Hadits Tanpa Sanad

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.