Baznas Jombang Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp500 Juta untuk Palestina

, Jurnal Jatim – Badan Amil Nasional (Baznas) Jombang Jawa Timur menyalurkan  senilai Rp500 juta untuk membantu konflik di Gaza, Palestina, akibat agresi Israel.

“Secara resmi dana bantuan Palestina telah kami serahkan kepada Baznas RI,” ujar Wakil Ketua 2 , Rosidin, keterangan tertulis, Sabtu (25/11/2023).

Bantuan itu komitmen BAZNAS Jombang untuk turut serta membantu perjuangan warga Palestina yang direspon positif warga Jombang.

Penggalangan donasi dimulai dari Aksi Palestina, pada 27 Oktober 2023 di bundaran Ringin Contong Jombang, Jawa Timur. Penggalangan dana itu berdampak luas pada semangat peduli warga Jombang.

Setelah satu bulan dibuka donasi, pada Jumat 24 November 2023 Baznas Kabupaten Jombang menyerahkan donasi senilai Rp518.496.800 di Kantor Baznas RI di Jakarta.

Donasi diserahkan Wakil Ketua 2 Baznas Jombang Rosidin kepada Baznas RI yang diwakili oleh Wakil Ketua BAZNAS RI Kol (Purn) Caj Nur Chamdani.

Rosidin mengatakan Baznas Jombang merasa bangga kepada masyarakat Jombang yang mempunyai kepedulian, empati, dan semangat persaudaraan dengan Palestina.

“Dana yang terkumpul diharapkan mampu sedikit membasuh luka warga Palestina,” ujarnya.

Rosidin juga mengucapkan terima kasih, dan apresiasi kepada warga Jombang yang mempercayakan donasinya kepada Baznas Jombang.

Sementara Kol (Purn) Caj Nur Chamdani mengaku bangga dan salut atas kinerja Baznas Jombang yang mampu menghimpun dana sangat besar.

“Ini merupakan bukti komitmen Baznas se Indonesia untuk turut serta berjuang bersama warga Palestina,” ujarnya.

Nur Chamdani mengatakan sampai dengan hari ini jumlah dana yang terkumpul di Baznas RI sebesar Rp84.5 miliar dan bantuan kemanusiaan itu masih terus mengalir.

Dijelaskan Nur Chamdani bahwa Baznas RI mengirimkan bantuan untuk warga Palestina secara bertahap. Pengiriman tahap pertama dengan pesawat Hercules pada (4/11/2023) di Rafa Mesir, dengan jumlah donasi Rp3 Miliar dan barang 21 Ton.

Kemudian tahap kedua (14/11/2023) dengan kapal TNI AL barang seberat 50 ton. Dan tahap ketiga (20/11/2023) dengan pesawat cargo membawa barang 21 ton senilai Rp31,9 miliar gabungan dari dana pemerintah dan Baznas.

“Adapun jumlah yang ada di Rafa sebanyak 100 orang, yang direkrut dari yang kuliah di Mesir,” katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Jombang Didin A Sholahudin meyakini antusias warga Jombang Jawa Timur untuk donasi Palestina masih sangat tinggi.

“Maka, Baznas Jombang masih membuka kesempatan bagi komunitas, paguyuban, warga masyarakat yang berkeinginan untuk memberi bantuan untuk Palestina,” ujar Gus Didin sapaan akrabnya.

Ia meyakini sepak terjang Baznas Jombang yang terus hadir dalam setiap dan kemanusiaan menjadi motivasi bagi warga untuk memilih Baznas Jombang dalam menyalurkan donasi.

“Donasi Palestina menjadi bukti, bahwa warga Jombang sangatlah dermawan. Dan ini merupakan kepercayaan mulia yang akan kami jaga dengan amanah dan penuh tanggung jawab,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com