Pemuda Jombang Ini Dulu Suka Demo, Sekarang Berjuang jadi Wakil Rakyat, Siapa Dia?

Jombang, Jurnal Jatim – Pemuda Jombang yang dulu suka demo di depan kantor dewan, sekarang berjuang untuk jadi . Dia adalah Anas Burhani.

Aktivis pergerakan mahasiswa pada era reformasi 1998 itu telah kini meneguhkan niat maju menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) .

Pria kelahiran 1 Oktober 1978 itu menjadikan Partai Kebangkitan Bangsa () sebagai politik untuk menjaring suara masyarakat di daerah.

Bukan tanpa alasan, pria yang akrab disapa Anas ini mengaku tergerak mencalonkan diri untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Dirinya ingin membuktikan teori dan praktik selama aktif di jalur pergerakan keislaman.

“Saya berlatarbelakang aktivis, dulu saya suka demo di depan kantor dewan. Kini saatnya saya membuktikan diri, bahwa saya bisa menjadi wakil rakyat yang amanah,” ungkap Anas pertengahan Juni lalu.

Anas menuturkan pernah menjadi aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam (PMII) yang bergerak fokus pada pengembangan pemuda berbasis Islam. Dia menjadi bagian advokasi, pemuda, dan pemberdayaan masyarakat pada pergerakan tersebut.

“Setelah di PMII saya aktif di Gerakan Pemuda ,” ujar pemuda asal Jombang ini.

Melalui partisipasinya di Ansor Jombang, Anas mengaku telah berkontribusi dalam upaya memperkuat persaudaraan dan promosi nilai-nilai keagamaan yang toleran.

“Ansor dan dulu dikenal sebagai kaum santri pinggiran. Kami ingin Ansor dan NU sekarang tak lagi dipandang sebagai orang yang hanya bisa mengaji. Namun, juga bisa berperan aktif di pemerintahan,” jelasnya.

Sebagai seorang santri alumni Darul Ulum Jombang, Anas telah mendapatkan pendidikan agama yang mendalam dan mengasah dalam pemahaman ajaran agama serta kepemimpinan.

“Saya bertekad untuk menjadi suara rakyat di dalam parlemen. Saya ingin memperjuangkan kepentingan masyarakat, terutama dalam hal pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji mengatakan kehadiran Anas Burhani sebagai caleg dari partai berlambang bola dunia diharapkan dapat memberikan pilihan baru bagi masyarakat Jombang dalam memilih perwakilan di parlemen.

“Dengan latar belakang aktivis dan kepeduliannya terhadap isu-isu yang relevan dengan masyarakat, Anas diharapkan dapat membawa perubahan positif dan memberikan kontribusi nyata dalam upaya memajukan daerahnya,” ucapnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.