Masak Air Ditinggal ke Sawah, Dapur Rumah Nenek Karsini di Nganjuk Ludes Terbakar

, Jurnal Jatim – Dapur rumah milik Nenek Karsini di Desa Kapas, Sukomoro Jatim ludes dilalap si jago merah hingga rata dengan , Minggu (4/6/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam di rumah perempuan 60 tahun tersebut. Sebab, saat kejadian Nenek Karsini sedang pergi ke .

dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Nganjuk, Sujito mengungkapkan kebakaran dapur rumah Karsini diketahui warga sekitar pukul 08.30 WIB.

Menurut keterangannya, sebelum terbakar, pemilik rumah Karsini sedang memasak air di dapur. Namun, belum selesai memasak, perempuan lanjut usia itu pergi ke sawah.

“Jadi pada pukul 08.30 WIB pemilik rumah memasak air di dapur lalu ditinggal pergi ke sawah,” kata Sujito dalam keterangannya yang diterima oleh .com, Sabtu (5/6/2023) siang.

Awalnya tidak ada masalah. Sekitar 15 menit bisa kemudian, tetangga melihat api dari dapur rumah Karsini. Setelah dilihat ternyata kebakaran. Tetangga Karsini berteriak untuk meminta pertolongan warga sekitar.

“Tetangganya berteriak minta tolong dan warga yang mendengar teriakan itu langsung datang untuk melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya,” ujar Sujito.

Pemadaman manual itu kalah cepat dengan hembusan . Api semakin membesar dan warga pun gagal menjinakkan. Selanjutnya dilaporkan ke Babinsa dan diteruskan laporan ke pemadam kebakaran (Damkar) Nganjuk.

Lebih lanjut Sujito mengungkapkan, seketika petugas Damkar meluncur ke lokasi dengan peralatan lengkap untuk memadamkan api.

“Setelah menerima laporan tim Damkar langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman api,” kata Sujito.

Setiba di lokasi, Petugas Damkar berjibaku memadamkan kobaran api yang membesar. Tidak ada kendala saat proses pemadaman berlangsung. Setelah 1 jam lebih, akhirnya si jago merah dapat dijinakkan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Kerugian materiil diperkirakan Rp10 juta,” katanya.

Sujito memastikan penyebab kebakaran karena pemilik memasak air di kompor lalu ditinggal pergi ke sawah. Setelah kejadian itu, aparat kepolisian setempat melakukan olah TKP dan menggali keterangan saksi termasuk pemilik rumah Karsini.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.